1 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Negarawan Dari Desa Watoone Dengan Perjuangannya

Spread the love

Tren24reportase.com | Adonara Flores Timur-Drs.Frans Lebu Raya telah mengabadikan dirinya kepada Negara Kesatuan Republik lndonesia selama 15 tahun, kini telah berpulang kepangkuan Sang Khalik yang Agung . “Menurut keterangan dokter di Rumah sakit Sanglah Bali, kakak kami mengalami penyempitan pembulu darah otak dan karena itu beliau atas kehendak sang Ilahi pada minggu 19 desember 2021 menutup mata usianya ke 61 tahun.

Rasanya terlalu cepat Tuhan mengambilnya”, kisah polikarpus penuh haru kepada awak media senin 20 desember 2021 . “Terkait dengan upaya pemprov NTT untuk memakamkan kakak kami di Taman Makam Pahlawan di Kupang kami sekeluarga sangat menaruh hormat dan karena beliau adalah milik publik Nusa Tenggara, namun keputusan final semalam kami keluarga harus menunggu kakak sulung kami Paulus Bebe Aran sedang dalam perjalan menuju kampung sini, bahwa kami keluarga menyadari bahwa almarhum bukan milik kami keluarga saja tapi milik semua masyarakat NTT, namun sesuai Adat budaya kami orang Lamaholot lebih memilih untuk dimakamkan di sini”,urai kopong blolo .

Kehadiran beliau di kampung pada awal bulan Agustus 2021 hanya karena ingin mengadakan perlombaan lari karung di dusun 3 ini walau beliau dalam keadaan sakit, hanya karena merayakan HUT Rl ke-76 dan dengan semangat beliau memberikan sejumlah hadia bagi anak-anak dan peserta lomba dewasa dengan begitu bersemangat dan type kaka frans yang peramah dan tidak pernah marah ini yang membuat kami sangat kehilangan”,urai salah seorang warga dikerumunan di tenda duka .

Drs.Frans Lebu Raya sebagai Tokoh senior partai sejak kongres PDlP tahun 2005,2010 dan 2015 pak Frans selalu dipercaya oleh utusan kongres, Pak Frans juga dihadapan peserta Kongres memimpin upacara Pengucapan janji jabatan ketua umum terpilih secara aklamasi, beliau pada tahun 1998 sekertaris tim pelaksana DPD pro Mega dari provinsi NTT hingga tahun 2000, dan menjadi ketua DPD PDlP NTT dari tahun 2000 hingga 2019 . Dari berbagai kiprah politiknya telah menorehkan sejumlah prestasi politiknya diantaranya: Anggota DPRD provinsi NTT,Gubernur NTT dua periode 2008-2013,dan 2013-2018 .

Sebelumnya ia menjadi wakil Gubernur NTT tahun periode 2003-2008 yang berpasangan dengan Pieter Alexander Tallo,SH yang pada saat itu terpilih melalui sidang DPRD NTT tahun 2003 . Dalam suasana Duka mendalam DPD PDlP NTT meminta kepada jajaran partai bersama seluruh rakyat NTT mendoakan mendiang agar diterima disisi Tuhan yang Maha Kuasa, demikian pesan rilis sekertaris DPD PDlP Yunus Takandewa via WhatsApp nya .(Nara Gere Bernard)