4 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Karang Taruna Kabupaten Karawang Harus Mampu Menyusun Program Kerja

Spread the love

Karawang | Tren24reportase.com-Pengurus Karang Taruna Kabupaten Karawang menggelar Rapat Kerja Daerah II Tahun 2021 yang dihadiri ketua Karang Taruna Kabupaten,” dan Sekda Karawang Acep Jamhuri. Acara di Hotel Brits Karawang.

Acep Jamhuri meminta  pengurus Karang Taruna Kabupaten Karawang mampu menyusun program kerja nyata yang bisa bermanfaat bagi masyarakat dan berkolaborsi dengan Pemkab.

Acep Menyampaikan bahwa Karang Taruna mempunyai tugas mulia di bidang sosial ditengah tengah masyarakat untuk membantu pengentasan kemiskinan serta pengurangan pengangguran.

“Permasalah permasalahan sosial dimasyarakat banyak, terkait pengangguran dan kemiskinan pemberdayaan ekonomi dan Karang Taruna harus hadir berkolaborasi dengan Pemkab,” kata Acep Jamhuri usai mengikuti
Desember 21/12/202.

Menurut Acep, membangun kolaborasi dengan Karang Taruna tidak hanya dengan pemerintah kabupaten namun juga bisa membangun berkolaborasi dengan pemerintahan ditingkat bawah.

“Nantinya Karang Taruna bisa berkolaborsi di tingkat Desa terutamanya ketika akan membuat PUSKESOS ( Pusat Kesehatan Sosial) di tingkat desa. Keterlibatan Karang Taruna itu sangat jelas, Ucap,” Acep.

Ditambahkan Acep, selain menjalankan program Puskesos Karang Taruna di desa bisa dilibatkan dan terjun secara langsung kebawah untuk menginpentalisir potensi permasalahan di desa.

Nantinya Karang Taruna bisa menginpentalisir potensi-potensi permasalahan juga potensi yang akan dikembangkan kemudian Pemkab tahu dalam menskenario kebutuhan anggaran yang akan dikucurkan,” Ujar Acep.

Perihal anggaran untuk Karang Tarunan Acep juga menjabarkan akan ada peningkatan di tahun 2022 yang awalnya 175 Juta menjadi 318 Juta.

Tahun depan ada peningkatan untuk operasional tapi hanya untuk desa saja, apabila angaran tersebut tidak mencukupi nantinya akan dipikirkan lagi,” jelas Acep.

Acep juga menjelaskan terkait target program Puskesos rencananya akan dijalankan di tahun 2022 dan harus mempunyai aplikasi secara digital agar Karang Taruna secara klik sudah mengatahui data kemiskinan.

Kegiatan ini harus terus dievaluasi untuk lebih baik lagi, nanti pakai aplikasi digital untuk mempermudah cara kerjanya.(Agus)