18 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Camat Batujaya Himbau Warga Berhati-hati Lewati Ruas Jalan Yang Tergenang Air

Spread the love

Karawang | Tren24reportase.com-Sejumlah titik ruas jalan raya Batujaya-Pakisjaya digenangi air akibat saluran irigasi yang meluap atau melimpas. Pemerintah Desa dan Kecamatan dan PJT sudah maksimal, Camat Batujaya mengimbau pengguna jalan berhati-hati dan berharap kepada Pemerintah Kabupaten Karawang mencarikan solusi yang tepat.Desember 20/12/2021

Selain air menggenangi beberapa titik ruas jalan Batujaya, air juga menggenangi rumah warga dan tempat pemakaman umum akibat tanggul yang jebol. Namun terkait tanggul yang jebol saat ini memang sudah diperbaiki sementara oleh warga, pemdes, Kecamatan dan PJT.

Diketahui, saluran irigasi di wilayah Batujaya-Pakisjaya yang merupakan sarana yang sangat vital bagi kehidupan masyarakat, selain untuk kebutuhan air warga juga untuk pemenuhan kebutuhan akan air untuk mengairi lahan pertanian.

Sebelumnya, Admin group facebook Berita Seputar Batujaya (BSB), Edi Junaedi sudah angkat bicara perihal banyaknya keluhan air yang melimpas di group BSB, namun hingga saat ini belum mendapat respon dari pihak pemerintah Kabupaten Karawang maupun pihak Provinsi Jawa Barat.

Masyarakat Batujaya mengeluhkan terkait meluapnya debit air di saluran irigasi Batujaya yang berakibat tanggul irigasi melimpas dan berdampak ke petani Batujaya, karena akan menghadapi panen raya di wilayah kecamatan Batujaya,” Ujar edi.

Edi berharap, agar pihak-pihak terkait, seperti PJT dan Dinas terkait lainnya bisa segera memperbaiki tanggul irigasi di wilayah Batujaya-Pakisjaya. Pasalnya, Akibat pengglontoran air yang tidak terkendali berdampak terhadap ketidak nyamanan pengguna nyamanan pengguna jalan di wilayah Batujaya dan Pakisjaya selalu tergenang air.

lanjut, tanggul irigasi sepanjang desa telukbango sampai telukjaya selalu mengalami limpas dan jebol. lahan pertanian yang sedang di panen banyak yang mengalami kebanjiran dan berdampak terhadap kualitas produksi hasil panen dan rendahnya nilai jual.

Sementara, Camat Batujaya Irlan Suarlan mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak pihak terkait dan segala upaya dari pemerintah baik desa, Kecamatan dan pihak PJT sudah sangat maksimal. Dari debit air di hulu oleh pihak PJT sudah di kurangi dan normalisasi dengan alat berat sudah diturunkan, namun karena faktor cuaca saat ini memang curah hujan cukup tinggi.

Jadi, kami dari pemerintah baik Desa dan Kecamatan Batujaya serta pihak PJT sudah secara maksimal. Saya juga mengimbau kepada semua masyarakat pengguna jalan khususnya warga Batujaya dan sekitarnya agar lebih berhati-hati bila melewati jalan yang digenangi air tersebut, karena jalannya sangat licin,” jelas Camat.
(Agus)