2 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Banjir Dan Longsor Melanda Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus

Spread the love

Tanggamus | Tren24reportase.com-Curah hujan yang tinggi beberapa hari ini yang mengakibatkan merendam lima pekon di Kecamatan Kelumbayan, Akibat Terjadinya Banjir Dan Longsor Sehingga banyak warga kerugian materil. Rabu (15.12.21) 02.30. Siang.

Luapan Sungai Way Napal dan air dari perbukitan turun ke perumahan penduduk di dataran yang rendah.Akibatnya, perumahan, persawahan, balai pekon, jalan, sekolah, dan fasilitas umum lainnya terkena banjir.Air luapan sungai datang bersamaaan dengan material lumpur, pasir, dan patahan ranting serta cabang pepohonan.

“Lima pekon terdampak Adalah Pekon Napal, Negeri Kelumbayan, Susuk, Unggak, dan Pekon Penyandingan,” papar Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arm Micha Arruan.Tingginya curah hujan juga menyebabkan longsor di Pekon Batu Patah, Paku, dan Merbau.

Sebanyak delapan rumah tertimbun dengan jenis kerusakan Berat dan ringan, Kerugian materil diperkirakan bekisaran Rp. 53.000.000 juta. Bahkan lebih, Karena perkiraan ini masih dalam batasan Akan terjadi nya lagi Luapan Air.

Rumah tersebut milik Roma yang terbuat dari papan dengan kerusakan 50 persen. Kerugian ditaksir Rp10.000.000 juta.Lalu, rumah semi permanen milik Giman dengan kerugian Rp.5.000.000.juta.

Selanjutnya, rumah permanen milik Anan dengan kerusakan 10 persen dan kerugian Rp 6.000.000. juta.Rumah semi permanen milik Saidi juga mengalami kerusakan 10 persen dengan kerugian Rp. 6.000.000 juta.

Kemudian rumah papan milik Parno dengan kerusakan 20 persen dan kerugian Rp. 5.000.000 juta.Rumah papan milik Kasikem dan Kasiman masing-masing rusak 10 persen dengan kerugian Rp10.000.000. Juta.

Rumah papan Haryanto dengan kerusakan 20 persen. Fondasi rumah baru ambrol dan menimpa rumah Roma di bawahnya. Kerugian Rp.6.000.000. juta.

Terakhir rumah Heriyanto, kerusakan 10 persen dengan fondasi ambrol menimpa rumah Giman dengan kerugian Rp. 5.000.000 juta.Menurut Kapolsek Limau AKP Oktafia Siagian, pihaknya telah berkoordinasi dengan Uspika dan Basarnas.

Di waktu yang Sama Bhabinkamtibmas bersama warga bergabung membantu gotong royong di lokasi kejadian,” ucapnya.Dia khawatir jika tidak segera ditangani longsor pada jalan desa dan gorong-gorong ini akan memutus akses ke Pekon Umbar dan Paku.ujarnya.

Atas terjadi nya Bencana ini, Ketua APDESI Kelumbayan Muzani Mengatakan, ” Saya turut berduka atas Terjadinya Musibah yang melanda Di Kecamatan kelumbayan ini, dengan ini saya sangat Berharap kepada Pemerintah daerah Tanggamus agar dapat Membantu, segala kebutuhan atas Musibah yang terjadi Di Kecamatan Kelumbayan Dan bantuan ini sangat Di harapkan oleh warga Kelumabayan Dan Sekitar Pungkas (Suwarno).