4 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Forkompimcam Adonara Timur Dengan Sigap Meredam Amarah Warga Desa Tapobali

Spread the love

Tren24reportase.com | Adonara Flores Timur-Pilkades serentak Kabupaten Flores Timur bagi 118 Desa yang tersebar di 19 Kecamatan Sekabupaten Flotim pada 16 oktober 2021 lalu, menyisakan berbagai persoalan di 10 Desa yang dinilai bermasalah kini pada gilirannya bagi Desa Tapobali dengan beragam masalahnya,hingga berdampak Pemalangan Balai Desa oleh warga sebagai bentuk protes terhadap penerapan proses mediasi penyelesaian sengketa di tingkat Panitia Monitoring tingkat Kabupaten dan serta tingkat kecamatan .

Adrianus Masang alias nyong sapaan akrabnya dihadapan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Adonara Timur menyatakan kesedihannya serta prihatin terhadap jalannya proses Demokrasi di pemkab flotim tidak Demokratis, pasalnya sengketa pilkades yang notabene sedang ditangani Panitia Pemilihan dan Monitoring di Kabupaten Flotim . Menurut pendukung partai Banteng bermoncong putih ini bahwa Bupati Flotim dengan sadar dan mau menciptakan konflik horzontal terhadap Masyarakat Desa Tapobali dengan menyajikan persoalan ilmu surat menyurat .

Lebih jauh Nyong mempertanyakan tentang tangal surat yang dikeluarkan Bupati Flotim dinilai “abal abal”,dengan mencermati tanggal dikeluarkan surat penyampaian hasil sengketa pilkades Tapobali . Dari runutan waktu atas surat yang diterima per tanggal 26 Desember 2021 hari minggu kemarin . Dengan mengacu pada persoalan sengketa dimaksud bahwa warga masyarakat Desa Tapobali Belum mengetahui hasil dari sengketa yang ditangani Paniia Pemilihan dan Monitoroing tingkat Kabupaten Flores Timur . Sementara camat Adonara Timur menyatakan kekecewaannya terhadap sikap masyarakat melakukan pemalangan Balai Desa,juga terhadap rasa tidak puas penjadwalan pelantikan kades terpilih Desa Tapobali dengan berpendapat di medsos dengan tidak memperhatikan keputusan Bupati yang menyatakan Menolak atas penggugat terhadap tergugat terkait hasil perolehan pilkades yang telah dikirim kepada Panpilkades Dan Monitoring tingkat Kabupaten serta petikan surat putusan penjadwalan time schedul pelantikan pejabat kepdes terpilih .

Dalam ruang kerja camat Adonara Timur forkopimcam bersama tokoh masyarakat Tapobali beraudiensi cukup menegangkan namun pada akhirnya suasana tegang berangsur cair oleh pandangan hukum dengan dampaknya atas perbuatan melawan hukum terhadap sarana umum seperti Balaidesa, urai kapolsek Adonara Timur lPDA Agus Heriawan . Camat Adonara Timur Damianus Lama Wuran,SH bertindak sebagai fasilitator sentral terhadap permasalahan Tapobali dengan bijak dan tegas dalam menghantar forum diskusi bergengsi ini dengan seksama mendengar kelukesah dan sekaligus bertindak sebagai air penyejuk terhadap suasana yang cukup panas ini dengan siap mendengar dan mengagendakannya sebagai tindak lanjut dari sikap protes warga Tapobali ke pak Bupati sebagai Pengambil keputusan atas peri hal masalah dimaksud . Menjelaskan dan mengurai benang kusut dalam permasalahan Desa Tapobali, camat Adonara Timur dengan gayanya yang khas dalam proses mencari jalan keluar bersama jajarannya dengan Forkopimcam, menyilakan kepala cabang kejari Adonara Timur (kacabjari) Mourest Kolobaui,SH menjelaskan bahwa “Jika ingin melakukan perjuangan hukum terhadap sengketa pilkades maka seharusnya jangan bertindak dengan melawan hukum,dan memalang balai desa itu adalah perbuatan melawan hukum”,tandas kacabjari dihadapan masyarakat Tapobali juga Ketua BPD bersama anggota .

Warna diskusi semakin terang benderang manakala kacabjari menyampaikan konsekuensi Niat baik pada momentum yang salah dengan dampak hukumnya dengan ditimpali oleh Danramil 1624-02/Adonara kapten infantri Achmad Setiyadi Jatmiko mengulangtegaskan tentang konsekuensi terhadap keutuhan Desa Tapobali dan tentunya kalian semua tidak berkeinginan untuk menceraiberaikan anak cucu kita dengan perbuatan melawan hukum seperti memalang Balaidesa . Seperti disaksikan wartawan tren24reportase.com di ruang kerja camat Adonara Timur hari ini Senin,27 Desember 2021 Forkopimcam dengan sigap penuh santun dan tegas dapat mengimbangi luapan emosional warga Tapobali dengan kolabrasi bersama usul saran unek unek yang diramu dengan begitu bijaknya Damianus Lama Wuran ala indonesian lawyers club .bernard nara gere