1 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Pemda Flotim Giat Pelatihan Kebersihan Dan Sanitasi Lingkungan Serta Pengelolaan Sampah Di Destinasi Pariwisata

Spread the love

Tren24reportase.com | Adonara Flotim-Pemerintah Kabupaten Flores Timur memfasilitasi Dinas Pariwisata untuk menggelar pelatihan ini kepada 50 peserta Diklat yang berasal dari 19 Kecamatan, yang berlokasi di Aula Yessing Witihama Kecamatan Witihama hari ini Rabu,15 Desember 2021 .

Kegiatan selama dua hari ini dengan menghadirkan tiga orang Narasumber dalam mengupas tuntas bagaimana kita menjaga dan merawat sebuah obyek wisata dengan standar nasional sesuai amanat mentri Pariwisata Rl . Kehadiran rombongan Kadis Pariwisata Kabupaten Flores Timur, diterima dengan tarian khas daerah Lamaholot oleh Pemerintah Desa Pledo . Usai sapaan adat di Balaidesa Pledo,Rombongan terus beranjak menuju lokasi kegiatan di Aula Yessing Witihama ditemani Camat Witihama Laurensius Lebu Raya,SH , Babinkamtibmas dari Pospol Witihama serta seluruh peserta Diklat .

Sambutan Bupati Flores Timur yang dibacakan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Daerah Flores Timur Petrus Pemang Liku,S sos, M T . “Berwisata tidak hanya sekedar menikmati keindahan alam dan atraksi budayanya saja, namun kenyamanan selama berpariwisata juga harus bisa dirasakan oleh wisatawan kebersihan, Sanitasi, dan pengelolaan Sampah adalah aspek-aspek yang mencerminkan karakter dan peradaban sebuah komunitas “paparnya .

Hadir sebagai pemateri awal ibu Fatima Ola dari komunitas Trash Hero yang adalah wadah Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) yang bergerak di bagian sampah dalam menjaga dan merawat lingkungan secara meluas . Tras Hero adalah sebuah komunitas mendunia yang dipimpin oleh sukarelawan yang mendorong perubahan dalam komunitas di seluruh dunia , memotivasi untuk membersihkan dan mencegah Sampah Plastik . Narasumber lain yang sangat istimewah adalah pak Eko Haryanto, Magister Pariwisata dan beliau adalah Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (STIPRAM) Yogyakarta, dengan rekannya M . Fathur Rahman,N.H, S.Par. M.M dan beliau adalah Disen Universitas Bina Sarana lnformatika(UBSl)Yogyakarta .

Dalam kegiatan ini saya dan rekan saya merasa sangat terhormat karena Pemda Flotim telah mengundang kami untuk berbicara sebagai narasumber dan memang pemerintah pusat dalam pandemi covid 19 ini telah mencanangkan perbaikan dan peningkatan ekonomi kerakyatan yang difokuskan pada dunia pariwisata kita di indonesia dan karena itu pemda Flotim telah memfasilitasi Dinas Pariwisata Flores Timur untuk menggelar Pelatihan hari ini dan kami juga tau bahwa obyek wisata bahari di Flores Timur ada pulau Mekko yang pernah mengikuti festifal Ajang Pariwisata Indonesia dan meraih juara 2 namun kami berharap Pemda Flotim melalui Dinas Pariwisata tidak boleh berhenti sampai di sini saja karena untuk menjadi target obyek wisata tingkat Nasional memang tidak mudah seperti halnya kami hadir hari ini untuk berbagi ilmunya industri Pariwisata”kisah pak Eko kepada wartawan tren24reportase.com di sela sela kegiatan pelatihan hari ini di Aula Yessing Witihama .

Hal senada disampaikan juga oleh M Fathur Rahman,N.H,S.Par. MM . “Untuk sebuah obyek wisata di Flotim ini kami berharap Pemda Flotim harus melakukan pembenahan pertama adalah SDM itu menjadi titik fokus pelatihan secara kontinuitas dan segera memperhatikan titik spot wisata seperti daerah Mekko ini memang akses jaringan dan air bersih menjadi prioritas pemda jika ingin kita sandingkan Mekko dengan obyek wisata air lainnya di lndonesia ini, dan jika memang pemda ingin fokus ke obyek pariwisata sebagai pintu masuk ke perbaikan Ekonomi Rakyat maka langkah pertama harus dipaksakan mindsetnya masyarakat pada obyek wisata itu sendiri dan kenapa saya harus mengatakan harus dipaksakan, karena kebiasaan buruk jika tidak bisa dirubah secara paksa untuk menjadi baik maka sampai kapanpun masarakat di sekitar obyek wisata itu tidak mungkin berhasil dalam peningkatan Ekonomi mereka di bidang Pariwisata ini “,ungkap fathur .Bernard Nara Gere