21 Februari 2024

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Kopdit Ankara Giat Memotivasi Para Petani Adonara Untuk Menabung Dalam Tanah

Spread the love

Tren24reportase.com | Adonara Flores Timur-Koperasi Simpan Pinjam (KSP)Ankara sejak Tahun 1988 didirikan dengan maksud mengembangkan taraf kehidupan ekonomi masyarakat Flores Timur kalah itu, kini kembali melebarkan sayapnya di Kabupaten Flotim, setelah pada tahun 1999 sebagian besar pengurus Ankara ini mulai ekspansi ke Kabupaten Lembata, karena terlepas dari Kabupaten Flores Timur saat itu, kini dibawa kepemimpinan Yosep Kia alias Yongki Warat mulai melebarkan sayapnya di Kabupaten Flores Timut .

Dalam missi dan visinya Yongki Warat hari ini Selasa,14 Desember 2021 bersama Ankara mengundang Pemda Flotim melaunching Program “Tanam Perdana” berlokasi di Kelompok tani “Ago’ Tènah” Desa Narasaosina Kecamatan Adonara Timur . Pemda Flotim mengutus Ass 3 lr. Antonius Wukak Sogen demi memenuhi undangan dari KSP Ankara Adonara . “Kegiatan pada hari ini, saya ingin mengatakan bahwa sadar atau tidak KSP Ankara telah membantu Pemda Flotim di bidang pemulihan Ekonomi Kerakyatan di beberapa kecamatan di flores timur saat kini, untuk itu saya mewakili bapak Bupati Flores Timur menyampaikan Apresiasi setinggi tingginya terhadap KSP Ankara, dan jujur bahwa saya kagum dan salut dengan Program Menabung Dalam Tanah ini bahwasannya Ankara telah sedang mewujudnyatakan giat mereka terhadap para petani di Flores Timur”,urai Wukak Sogen kepada tren24reportase.com usai makan siang tadi .

Dalam situasi suasana atmosfir Alam sedang menggoyang Nusa Tenggara lewat gempa bumi sedang terjadi bersamaan dengan acara pembukaan program “Tanam Perdana” di lokasih perkebunan kelompok ‘Ago’ Tènah ‘ dengan 26 anggota kelompoknya, juga seluruh Penyuluh Petani Lapangan (PPL) dari kedua Kabupaten Flotim dan Lembata tidak bergeming sedikitpun walau sedang diayun Gempah berskala 7,5 richkternya, toh acaranya tetap dilanjutkan hingga selesai . Usai makan siang di lokasi perkebunan Kelompok Ago’ Tèna , Yosep Kia alias Yongki Warat menjelaskan program Ankara telah melakukan kerjasama dengan pihak Kelompok Tani di Flores Timur bahwa “Kami telah membuka beberapa kantor kami di Larantuka di Lebao, di Solor desa Balaweling dan Adonara di Waiwerang; dan karena kami melihat ekonomi rakyat semakin sulit untuk berkembang di masa masa sulit karena Pandemi covid 19 inilah hingga mendorong kami untuk melakukan Program “Menabung Dalam Tanah” artinya dalam pandemi covid 19 ini warga masyarakat semakin sulit dan apa lagi kami menyaksikan masyarakat melakukan pinjaman di bank yang suku bunganya semakin berat dalam cicilan setiap bulannya, hingga Ankara harus segera menjalin komunikasi agar terbebas dari utang utang mereka di bank, dan Ankara harus menjadi jalan keluarnya buat para petani Flores Timur”, Sinergitas nyata yang diracik Ankara menjawab kebutuhan masyarakat petani pada kelompok Ago’ Tèna ini fokus pada jagung hibrida yang mana umur antara 90 hari hingga 120 hari sudah dapat dipanen hasilnya .

Sudah tentu harus melakukan kerjasama terhadap pihak kelompok tani dan juga dalam perjalanan Pelibatan PPL menjadi satu kesatuan komunitas kerja nyata terhadap para petani itu sendiri . Lahan seluas 5 hektar ini ternyata ditanami berbagai tanaman holtikultura dan saat kini kelompok tani Ago’ Tèna sedang memperkenalkan jenis pisang “Werangan Merah” merupakan tanaman istimewah lantaran tipikalnya yang kerdil namun sangat menjanjikan nilai ekonomisnya kedepan . Sesungguhnya Ankara sedang melirik lahan tidur di wilaya Adonara yang terdapat di delapan Kecamatan ini karena target 250 hektar untuk mendobrak kesulitan ekonomi kerakyatan ini menjadi target sektor riil dalam memperbaiki perekonomian masyarakat kita yang mayoritas bertani atau berkebun ini .

Apa lagi dengan melihat para petani Adonara pada khususnya sudah profesional dalam mengerjakan kebun ladangnya dan sudah mampu mengedukasi sesama petani dan ini menjadi landasan dasar pijak Ankara melakukan kerjasamanya . Ankara mengakui bahwa Masyarakat Petani Adonara itu kesulitan “Marketing” hingga Ankara akan hadir dengan program “Tanam Perdana” hari ini menjadi tahap ajakan terhadap para Kelompok tani yang lainnya . “Kelompok Ago’ Tèna ini memiliki 36 anggota dengan anggota aktip ada 26 orang sedangkan anggota pasip ada 10 orang; dan lahan kami ini kami tanami beberapa tanaman favorit seperti jagung Lamuru, Sorgum, Padi dengan pembibitan pisang werangan merah ini “,urai bapak Dato’ Sadam Lamagewok ketua kelompok tani ‘Ago’ Tèna’ . Semangat kerja kelompok tani Ago’ Tèna atas dukungan Ankara ini memberikan kemudahan begitu luas terhadap solusi dalam situasi pandemi covid 19 untuk menabung lewat bercocok tanam guna menggapai masadepan petani flores Timur dan khususnya Adonara bisa meraih sukses lewat “Menabung Dalam Tanah”,urai bapak Dato’ Sadam penuh Antusias .Bernard Naragere

About Post Author