25 Februari 2024

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Warga Desa Balongsari Gelar Hajat Bumi Di Monumen Rawagede

Spread the love

Karawang | Tren24reportase.com-Warga Desa Balongsari serta masyarakat Kampung Rawagede Balongsari, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang, menggelar kegiatan Hajat Bumi Seren Taun,
Desember 12/12/2021.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bupati Karawang Dr. Cellica Nurrachadiana, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, Dandim 0604/Karawang Letkol Kav Makhdum Habiburrahman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang Yudi Yudiawan, Kapolsek Rawamerta AKP M. Wasis, Ketua Karang Taruna Kabupaten Karawang Asep Saepulloh, Camat Rawamerta Asep J.Koswara, Kepala Desa Balongsari Wawan Dermawan Ketua Panitia Kang Rere beserta jajaran, dan dari komunitas seni juga tampak hadir di kegiatan tersebut.

Kehadiran Bupati Karawang Cellica membuat masyarakat setempat merasa senang Bupati Karawang mengingatkan, Masyarakat harus bisa bersyukur atas karunia yang
diberikan oleh Allah SWT.

Saya sangat mengapresiasi sekali warga disini guyub rukun dan kompak, semua juga gotong royong. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Karawang, Dandim 0604/Karawang, Camat, Lurah dan seluruh panitia acara semua yang terlibat dalam kegiatan ini,” ujar Bupati Karawang Cellica.

Dalam sambutannya di kegiatan hajat bumi ini Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono mejelaskan, “Dalam gelaran hajat bumi ini kita harus bisa lebih saling berbagi, saling menghargai kepada sesama. Kegiatan
tradisi tahunan ini sangat bermanfaat sekali dalam memupuk tali silahturahmi terutama bagi para generasi muda,” ungkap Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono.

Lebih lanjut AKBP Aldi Subartono mengatakan, Kegiatan ini bisa mengajari kita semua salah satunya tentang belajar rasa bersyukur dengan cara hidup gotong royong, tolong menolong antar sesama, serta dapat melestarikan adat desa leluhur, tambahnya.

Dalam kesempatan ini ketua panitia kang Rere juga menceritakan tentang sejarah Rawagede kepada warga yang menghadiri acara tersebut, hal ini dilakukan agar warga dan anak muda jangan mudah melupakan begitu saja sejarah terutama perjuangan masyarakat di Rawagede.

Kepala Desa Balongsari Wawan dalam pertemuan singkatnya kepada para awak media yang hadir mengatakan, acara hajat bumi ini merupakan warisan kebudayaan nenek moyang yang kini masih tetap dilestarikan. Selain itu Kades menambahkan bahwa kebudayaan hajat bumi ini adalah suatu kearifan budaya lokal, yang konon di percaya akan membawa keberkahan bagi para petani menjelang musim tanam tiba,” tutup Kades Balongsari Wawan.(Agus)

About Post Author