18 Juni 2024

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Pemkab Pulpis Melalui Dinas Disprindagkop Dan UKM Resmi Menggelar Pasar Penyeimbang

Spread the love

Pulang pisau, Tren24reportase.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM), resmi menggelar pasar penyeimbang dalam rangka menekan laju inflasi menjelang Natal Tahun 2023.

Pasar penyeimbang dimulai dan resmi dibuka langsung Penjabat (Pj) Bupati daerah setempat Hj Nunu Andriani di GPU Handep Hapakat, Jalan Panunjung Tarung, Kota Pulang Pisau, Senin (4/12/2023).

“Pasar penyeimbang ini upaya kita menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok di pasar rakyat, karena sejak Oktober hingga Desember 2023 di wilayah Kalteng terjadi kenaikan inflasi sebesar 4,6 persen dengan faktor utama kenaikan komoditi pokok seperti beras, bawang, cabai dan sejumlah bahan pokok lainnya,” kata Pj Bupati usai meresmikan.

Pada kesempatan ini, Hj Nunu mengajak lapisan masyarakat Pulang Pisau dapat memanfaatkan pasar penyeimbang yang dilaksanakan sejak 4 hingga 11 Desember 2023, di titik yang sudah ditentukan pihak Disperindagkop dan UKM.

“Silakan berbelanja sesuai kebutuhan, karena tujuan kita kita lain untuk menekan inflasi dan menjaga ketersediaan sejumlah komoditi, terutama seperti beras, hortikultura, dan gas LPg sesuai harga HET,” sebutnya.

Dalam laporan Kadis Perindagkop dan UKM Pulang Pisau Elieser Jaya mengatakan, pasar penyeimbang dalam rangka pengendalian Inflasi dan Hari Raya Natal Tahun 2023, dilaksanakan pada hari ini Senin 4 hingga 11 Desember dengan lokasi 4 titik di wilayah Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir.

“Di Kahayan Hilir 4 Desember ini ada 4 titik berlokasi di Halaman GPU Handep Hapakat, Kantor Desa Anjir Pulang Pisau, Halaman Gereja Yerusalem Taheta di Kelurahan Bereng dan di lingkungan pasar Desa Buntoi,” terangnya.

Lanjut Elieser, untuk tanggal 6 Desember pelaksanaan pasar penyeimbang berlangsung di Kecamatan Jabiren Raya ada 2 titik, yakni di Halaman Kantor Kecamatan Jabiren Raya dan di Kantor Desa Sakakajang.

“Komoditi Nang di jual sama, hanya jenis ikan saja yang di jual di GPU Handep Hapakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Elieser, di tanggal 9 Desember dilangsungkan di Kecamatan Kahayan Tengah, yakni di Halaman Kantor Kecamatan Tengah (Bukit Rawi), dan pasar Desa Pamarunan.

Kemudian lagi, pada tanggal 11 Desember di Kecamatan Banama Tingang berlangsung di Halaman Kantor Kecamatan Banama Tingang dan Kantor Dewa Lawang Uru.

“Jadi, untuk seluruh biaya anggaran dibebankan di dinas kami. Selamat berbelanja dan berbelanja lah sesuai kebutuhan, karena harga di pasar penyeimbang ini lebih rendah dari pasar rakyat,” beber Elieser.

Juga, tambah Elieser, kegiatan pasar penyeimbang ini terselenggara berkat kerjasama bersama pihak mitra bisnis pemerintah dan pengusaha yang terlibat saling bahu membahu mensukseskan rangkaian kegiatan pasar penyeimbang di Kabupaten Pulang Pisau tahun 2023 menjelang Natal.

“Mitra bisnis kita di pasar penyeimbang ini ada Perum Bulog Cabang Kapuas sebagai Partner Kerja penyedia Komoditi Bahan Pokok, PT Bank Kalteng, Pimpinan PT Saconk ( Agen LPG 3 KG), Pimpinan PT Alfredo Arka Bersama (Agen LPG 3 KG), Pimpinan PT .Sawang Hambawang (Agen LPG 3 KG), Pimpinan PT Indomarco Prismatama Cabang Pulang pisau, dan Pimpinan PT Indofood Cabang Pulang Pisau,” sebutnya.(M.sapawi)