25 Juli 2024

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Jelang Pemilu 2024, Tour De Wali Songo PKB Tiba di Demak

Spread the love

Demak, Tren24reportase.com-Menjelang Pemilu 2024, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DR. H. Cucun Ahmad Syamaurijal bersama Pengurus DPP PKB Drs H. Fathan Subchi Ziarah ke Makam Sultan Fatah dan Sunan Kalijaga di Kabupaten Demak-Jawa Tengah.

Kegiatan ziarah tersebut dalam rangka tirakatan bertajuk Tour de Wali Songo yang dijadwalkan berlangsung pada 8-10 September ini.

“Ini kita rangkaian dari kemarin Tour de Wali Songo, napak tilas perjuangan Wali Songo dimulai dari Sunan Gunung Jati” Kata Cucun saat tiba di halaman Masjid Agung Demak. Jum’at (8-9-2023).



Cucun mengungkapkan, “menjelang perhelatan pesta demokrasi ingin berkomunikasi bukan hanya dengan konsekuensi masyarakat yang biasa ditemui.

“Kita memohon barokah, karomah Para Wali yang beliau sudah punya jasa menempatkan satu wilayah- wilayah dalam kekuasaannya mampu memberikan manfaat dan kemaslakatan terhadap umat sekitarnya. Ini adalah patut kita ambil hikmahnya, ambil nilai nilai perjuangan spirit daripada pengabdian para wali ini membina para umat” Ujarnya.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang dijadwalkan mengikuti napak tilas perjuangan Wali Songo tersebut tidak hadir di Demak.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Demak Zayinul Fata mengatakan bahwa de Wali Songo dimulai dari Cirebon Sunan Gunung Jati. Agenda di Demak ziarah ke Makam Sultan Fatah dan Sunan Kalijaga.

“Adapun rangkaian tadi pagi ngambil miqat dari Sunan Gunung Jati Cirebon, terus berlanjut ke Makam Sultan Fatah dan Sunan Kalijaga” Ucap Zayinul Fata.

Zayin menjelaskan, dalam kegiatan tersebut juga telah terlaksana pengobatan gratis. Selain itu, juga terdapat pembagian sembako.

“Dalam kegiatan tersebut kita juga melakukan pengobatan gratis, yang kita lakukan di depan Masjid Agung Demak. Kemudian juga kita mengadakan baksos bersama masyarakat luas, mustadlafin atau masyarakat lemah tidak kurang sekitar 1000 sembako kita bagi” Ujarnya.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kami membangun semangat kebangsaan dan keislaman. Keislaman kita hari ini meneladani Wali Songo. Masyarakat sudah paham bagaimana Wali Songo membumikan nilai nilai keislaman, kebangsaan serta kebhinekaan” Imbuhnya.

Zayin menambahkan bahwa kegiatan di Demak juga terdapat halaqoh atau diskusi terkait pemikiran politik Sunan Kalijaga, yakni dengan menghadirkan berbagai penulis dan akademisi.

“Puncaknya malam ini gelaran pemikiran politik Sunan Kalijaga. Halaqoh ini penting kita buka kita review, bagaimana perjuangan Sunan Kalijaga dalam merawat masyarakat mustadlafin, terutama yang wajib kita ketahui Sultan Fatah itu Produk politik Wali Songo. Maka hari ini perlu kita review ulang bagaimana keteladanan perjuangan Wali Songo ini harus menjadi inspirasi dan spirit perjuangan Gus Muhaimin untuk maju dalam laga kompetisi Pilpres bersama Capres Anis Baswedan” Pungkasnya. (Parno)