24 September 2023

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Panitia Tidak Tanggap, Pilkades Terancam Gagal

Spread the love

Demak, Tren24reportase.com – Ratusan warga Desa Grogol Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak, Jawa Tengah melakukan aksi demontrasi di Balai desa setempat akibat tidak adanya transparansi dan kurang profesional panitia pelaksana Pilihan Kepala Desa (Pilkades). Rabu, 06 september 2023.

Peserta aksi terdiri dari Ibu-ibu dan bapak-bapak tersebut mengaku tim relawan dari salah satu bakal calon Kepala Desa Grogol yang bernama Teguh, mereka menginginkan agar panitia Pilkades segera melaksanakan tahapan Pilkades yaitu tahapan penetapan dan undian nomor urut maupun visi misi.

Aksi protes warga sempat berlangsung memanas lantaran panitia tidak hadir dalam audiensi di balai desa Grogol sehingga Ketua BPD Desa Grogol Suharsono tidak bisa memberikan jawaban dengan tegas pertanyaan yang sudah diajukan oleh para perwakilan pengunjuk rasa. Meski sempat terjadi aksi protes di ruang gedung balai desa Grogol namun tidak berlangsung lama, lantaran para aparat dari TNI/Polri berhasil memberikan arahan kepada pengunjuk rasa agar menjaga kondusifitas keamanan.

Menurut salah satu tim relawan Teguh Mansyur mengungkapkan, “datang ke balai desa hanya menanyakan kenapa tahapan penetapan calon tidak segera dilaksanakan, pasalnya sudah melewati jadwal tahapan yang sudah ditentukan.

” Kami datang ke balai desa hanya menanyakan, karena tidak adanya transparansi penyelenggaraan Pilkades Desa Grogol. buktinya sampai sekarang panitia tidak pernah memberi tahu dengan adanya penetapan dan pengambilan nomor urut Calon yang seharusnya sesuai peraturan bupati memerintahkan pada tanggal 4 sampai 6 itu dilakukan penetapan dan pengambilan nomor urut untuk ditetapkan panitia” Ungkapnya

Mansyur mengatakan bahwa sebelumnya Ketua BPD Desa Grogol sudah melaksanakan tugas pembentukan panitia, namun sampai saat ini panitia belum melaksanakan tahapan penetapan calon dan undian nomor calon.

“Pak Suharsono Ketua BPD sudah membentuk panitia pilkades, entah apa yang terjadi sehingga ini tidak melaksanakan tahap selanjutnya”. Ucapnya.

Dengan tidak dilaksanakan tahapannya penetapan dan undian nomor urut calon. Selanjutnya Ketua BPD, Ketua Panitia, Camat, pihak Dinpermades dan juga perwakilan masyarakat serta para bakal calon kades pada hari itu juga bermusyawarah guna melaksanakan tahapan berikutnya yaitu menetapkan dan pengambilan nomor urut calon kades dan hasilnya ditentukan rapat panitia pada malam hari ini.

“Hasilnya nanti malam, kita tunggu aja” Kata salah satu warga yang mewakili para pengunjuk rasa.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Grogol Suharsono menjelaskan ketidak pastian pilkades di desa Grogol karena anggaran Pilkades tidak ada

“Panitia tidak bisa melaksanakan tahapan penetapan calon karena anggaran tidak ada”. Ujarnya.

Dengan alasan tersebut, pihaknya meminta bantuan kepada para calon kades guna melanjutkan tahapan selanjutnya. (Parno)

About Post Author