24 Juli 2024

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Bupati Batu Bara Tepung Tawar 287 Jamaah Calon Haji Asal Batu Bara

Spread the love

Batu bara, Tren24Reportase.com-Jelang keberangkatan ke Tanah Suci Mekah, sebanyak 287 jamaah calon haji asal Kabupaten Batu Bara mengikuti tradisi tepung tawar yang merupakan tradisi suku Melayu sebagai bentuk penyemangat dan memohon doa keselamatan.

Prosesi tepung tawar jamaah calon haji digelar di Pendopo Perjuangan Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima Puluh, pada Sabtu (27/05).

Hadir Bupati Batubara Ir. H. Zahir, M.AP., Wakil Bupati Oky Iqbal Frima, S.E., Ketua TP PKK Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir, S.E., Ketua Kadin Batu Bara OK Faizal, unsur Forkopimda serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Acara tepung tawar ditandai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, tausiah agama dan doa bersama. Selanjutnya Bupati Zahir dan Ny. Maya Zahir memasangkan sal tanda pengenal serta memberikan bantuan perlengkapan ibadah dari Pemerintah Kabupaten Batubara kepada perwakilan jamaah calon haji.

Puncak prosesi tepung tawar ini adalah dengan menaburkan bunga rampai, beras putih, beras kuning dan memercikkan air bunga mawar kepada para jamaah calon haji.

Bupati Zahir pun berpesan agar seluruh jamaah calon haji menuruti arahan dari para petugas saat berada di Tanah Suci dan dapat beribadah dengan khusyuk.

“Ketika terpilih pergi ke Mekah untuk melaksanakan ibadah haji laksanakan dengan khusyuk, jangan pikirkan yang lain,” sebut Bupati Zahir.

Para jamaah calon haji asal Batu Bara tergabung dalam Kloter 13 Embarkasi Medan. Mereka akan masuk Asrama Haji Medan pada 4 Juni 2023 dan diberangkatkan ke Kota Madinah, Arab Saudi, pada 5 Juni 2023 mendatang melalui Bandara Kualanamu. (Samsir)