24 Juli 2024

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Nanda Indira Menerima Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya Dari Presiden Joko Widodo

Spread the love

Pesawaran, Tren24Reportase.com-Kado istimewa bagi Kabupaten yang berjuluk Bumi Andan Jejama yang akan berulang tahun ke – 16 pada 17 juli mendatang, Ketua TP. PKK Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi, S.E.,M.M. menerima penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya (SWK) dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Penghargaan yang tertuang pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44/TK/2023 Tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Wirakarya itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin pada Puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke – 30 Tahun 2023 di Lapangan Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan pada Kamis (6/7/23).

Nanda mengatakan Penyematan tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya (SWK) yang diraihnya, merupakan hasil penilaian lapangan/uji petik yang dilakukan Setmilpres serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat beberapa waktu lalu tepatnya 16 Juni 2023 di Desa Cipadang Kecamatan Gedongtataan.

Sebagai Ketua TP. PKK Kabupaten Pesawaran selama 2 Periode (2016–sekarang), Nanda Indira Dendi, S.E.,M.M. berkomitmen dan telah melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Pesawaran yang lebih maju dan sejahtera dengan masyarakat yang produktif.

“Khususnya dalam pelaksanaan program Bangga Kencana yang meliputi kesehatan ibu hamil, dimulai sejak masa kehamilan hingga kelahiran, kesehatan bayi, kesehatan balita, kesehatan anak-anak sekolah serta mencegah adanya stunting khususnya di kampung KB, sehingga dijadikan panutan dan teladan bagi masyarakat kabupaten pesawaran,” ucapnya.

Selain itu juga telah membina Kampung KB terpadu dan pembinaan 10 Program Pokok PKK ( sampai tahun 2023 telah terbentuk 65 kampung KB dan rumah dataku yang bersumber dari APBD Kabupaten Pesawaran, Membentuk dan membina Poktan (BKB,BKR,BKL,UPPKA dan PIK-R ) di 148 desa, membentuk Desa Wisata Ramah Perempuan dan Peduli Anak (Dewi Ramah Mulia) di tk. Kabupaten serta Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) di setiap desa dan menggerakan program pembangunan Rumah Desa Sehat.

“Kemudian telah melakukan pembinaan kepada masyarakat dalam pencegahan stunting, penyuluhan dan pelayanan KB keliling, membentuk kelompok wanita tani (KWT) serta mengadakan pusat kegiatan belajar masyarakat sehingga masyarakat menjadi mandiri, maju dan sejahtera,” tuturnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih yang setingi – tingginya kepada seluruh stake holder, menurutnya keberhasilan program-program yang dilakukan selama ini tidak lepas dari kerja keras Pemkab Pesawaran serta dukungan dari lapisan masyarakat yang ada di Bumi Andan Jejama dengan lintas sektoral.

“Saya berharap penghargaan ini dapat menjadi penyemangat dan motivasi tersendiri untuk PKK kedepan dalam membantu Pemkab Pesawaran mewujudkan Kabupaten yang lebih maju dan sejahtera dengan masyarakat yang produktif,” pungkas Nanda.

Pada puncak peringatan Harganas ke-30 tahun 2023 tersebut juga di berikan penghargaan kepada Kabupaten Pesawaran sebagai Juara I Kategori Total Capaian Pelayanan KB Tingkat Nasional dengan target 750 – 2.000 dan juara I Kategori Laporan Sistem Informasi Keluarga Tingkat Nasional pada kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) pada tanggal 14 Juni 2023 lalu di seluruh provinsi.

Sementara, Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona bersyukur dan bangga atas capaian yang diraih oleh Ketua TP PKK Kab. Pesawaran. Ia menjelaskan bahwa Tanda Kehormatan dari Presiden RI diberikan kepada Ketua TP PKK yang berkomitmen, berjasa dan berprestasi dalam pelaksanaan program Bangga Kencana di wilayahnya.

“SWK diberikan setelah sebelumnya mendapat Manggala Karya Kencana (MKK), penghargaan tertinggi dari Kepala BKKBN kepada Ketua TP PKK Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota atas prestasi, komitmen, dukungan dan dharma baktinya yang besar serta kepimpinannya dalam pelaksanaan program Bangga Kencana di wilayahnya,”paparnya

Dendi juga mengatakan ada beberapa faktor yang memengaruhi dalam pemberian penghargaan tersebut, dan indikator keberhasilannya yakni meningkatnya pelaksanaan program Bangga Kencana di Kampung KB, meningkatnya peran serta mitra kerja dan dinas instansi terkait di kampung KB, meningkatnya peran serta tim penggerak PKK dalam program Bangga Kencana dan penurunan stunting adanya perubahan perilaku anggota masyarakat dalam germas.(Feri)