18 Juni 2024

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Kantor Bahasa dan Pemkab Tanggamus Tingkatkan Penggerak Literasi di Aula Serumpun Padi

Spread the love

Tanggamus, Tren24Reportase – Kantor Bahasa Provinsi Lampung bekerja sama dengan Pemkab Tanggamus dan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) menggelar Pendampingan Mutu Komunitas Penggerak Literasi Se-Kabupaten Tanggamus di Aula Serumpun Padi Gisting, Selasa 11/4/2023.

Kegiatan yang rencananya dilaksanakan selama 2 hari, dari Senin 11/4 sampai Selasa 12/4/2023 itu dibuka Asisten II Pemkab Tanggamus Sukisno.

Dalam sambutannya, Sukisno menyampaikan, kegiatan literasi ini sebagai sarana mengasah kemampuan keterampilan individu anak dalam membaca dan menulis.

Dia juga berharap ke depan bisa dilakukan secara rutin di sekolah untuk menstimulasi siswa agar mampu mengembangkan keterampilan berbahasa, menyimak, menulis, membaca, dan bicara.

“Saat ini di Tanggamus sudah ada 86 pekon yang memiliki perpustakaan aktif. Bahkan, pada tahun 2023 ini satu pekon mendapatkan bantuan dari Perpustakaan Nasional dalam bentuk Pojok Baca Digital (Pocadi),” jelas Sukisno.

Sementara itu, Ermunadi, perwakilan Dinas Perpustakaan Daerah Tanggamus, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kantor Bahasa Provinsi Lampung atas kontribusinya dalam pengembangan literasi di Tanggamus. Dia berharap ke depannya bisa lebih berkembang.

Suciati, pemateri dari Rumah Baca Umi Uchy, menyampaikan tentang pengembangan literasi melalui komunitas pelatihan.

Pembuatan program kerja masing-masing didampingi tim FTBM. Sementara itu, peserta pelatihan dan pendampingan berasal dari rumah baca, taman baca, dan pojok baca se-Kabupaten Tanggamus. (Bunawan)