21 Februari 2024

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Bupati Tanggamus Menghadiri Gebyar TK Sekabupaten Tanggamus

Spread the love

Tanggamus, Tren24reportase.com-Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, S.E. menghadiri serta membuka kegiatan Gebyar TK Se-Kabupaten Tanggamus Tahun 2023 dengan mengusung tema ” Kita Mewujudkan Merdeka Belajar”.

Kegiatan tersebut berpusat di Lapangan Landsbaw, Kecamatan Gisting. Rabu (8/2/2023).

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Tanggamus Hj Sri Nilawati Safii, Ketua DWP Kabupaten Tanggamus Nuraini Lubis, Kepala Dinas Pendidikan Yadi Mulyadi, Ketua IGTK Tanggamus Ulpa Tania, Camat dan Bunda Paud Gisting Purwanti, Camat Gunung Alip Ilham, Koordinator SPLP Gisting Iin Sovia, Pengawas TK Gisting Sri Winarti, Ketua PGRI Gisting Nasiman, Ketua Penyelenggara Gebyar TK Siti Samsiasih, Uspika Kecamatan Gisting, Kepala Pekon Lambau Widodo, Para Kepala TK Se-kecamatan Gisting, Para Dewan Guru, Para bapak dan ibu para wali murid serta para murid murid TK Se-kecamatan Gisting.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutannya menyampaikan, kepada semua pihak yang hadir mempunyai kehendak dan kepedulian yang sama terhadap pendidikan anak usia dini. Yakni sama-sama ingin membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak agar pada saatnya nanti mereka memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan tingkat lanjut, mengantar mutiara bangsa ke gerbang masa depan mereka yang lebih baik.

Ia menjelaskan anak-anak merupakan generasi penerus bangsa, memiliki ruang tumbuh kembang yang kondusif untuk menguatkan karakter positif dan kecerdasan secara terarah sesuai dengan perkembangan masing masing.

“Setiap anak itu unik. Setiap dari mereka memiliki kecerdasannya masing-masing. Mereka sebenarnya terlahir dengan bekal kreatifitas dan kemandirian yang sungguh luar biasa, akan tetapi seringkali kita sebagai orang tua dan pendidik kurang memperhatikan dan memotivasi mereka, bahkan tanpa kita sadari seiring dengan bertambahnya usia anak, kita justru seringkali mengendorkan kreatifitas dan kemandirian anak-anak. Misalnya saat anak sudah bisa memegang alat tulis lalu tanpa sepengetahuan orang tua ia mencorat-coret tembok rumah maka yang terjadi biasanya mereka akan dimarahi dengan alasan kebersihan dan keindahan. Padahal semestinya orang tua mengapresiasi apapun dan bagaimana pun karya anak dengan memberikan fasilitas serta motivasi untuk mengembangkan kreatifitas mereka,” kata Bupati Dewi.

Atas dasar itulah, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengapresiasi dan messuport penyelenggaraan kegiatan ini, dengan harapan semoga acara ini bisa turut memberikan ruang bagi anak-anak khususnya di Kecamatan Gisting dan Gunung Alip dalam mengembangkan kreatifitas dan kemandirian mereka.

Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengaku sejauh ini sangat peduli dan memberikan dukungan penuh terhadap Pendidikan Taman Kanak-kanak atau Anak Usia Dini, khususnya dalam hal Pengembangan dan Pembinaan Lembaga TK/PAUD. Hal itu dapat terlihat dari semakin besarnya Anggaran yang kita alokasikan untuk Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Lembaga TK/PAUD, termasuk Bantuan Operasional Sekolah (BOP) dan Insentif Guru TK atau PAUD, dimana pada tahun 2022, telah kita berikan Insentif Guru TK/PAUD.

Ketua IGTK Tanggamus Ulpa Tania dalam wawancara nya, Hari ini kita menghadiri Kegiatan Gebyar TK Kabupaten Tanggamus Tahun 2023, Kegiatan ini adalah kegiatan rutin kami setiap tahun tapi dalam dua tahun belakangan ini sempat tidak dilaksanakan karna ada nya pandemi covid 19.

Kegiatan hari ini merupakan kegiatan roadshow yang ke 4 dan masih ada 6 titik lagi, karna dari 20 kecamatan kami merjer menjadi 10 titik.

Ia mengucapkan apresiasi yang sebesar besar nya kepada pemerintah daerah terutama kepada bupati tanggamus dan jajaran nya karna telah menghadiri kegiatan ini, karna ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah kabupaten tanggamus terhadap anak usia dini khusus nya.

“Harapan kami ke depannya mudah-mudahan pemerintah daerah dapat selalu menghadiri dan mensupot kegiatan ini, karna memang kegiatan ini adalah kegiatan positif yang melibatkan seluruh elemen baik dari tenaga pendidik, para siswa, wali murid, dan masyarakat setempat,” kata dia.

Dalam Kegiatan tersebut bupati tanggamus memberikan bantuan tunai dan bingkisan berupa makanan tambahan yaitu susu dan telur kepada seluruh anak anak TK yang ada di kabupaten tanggamus.(Bunawan)

About Post Author