9 Februari 2023

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Pengukuhan Kepala Desa Manuwui Marten Teky Secara Adat

Spread the love

MBD, Tren24reportase.com-Berempat di Balai desa Manuwui kecamatan pulau-Pulau Babar kabupaten Maluku barat daya Kamis 19 Januari 2023 pukul 17.00 WIT, dilaksanakan Pengukuhan Secara Adat oleh Tetuah adat Daniel Mosse Dan Zet Mapuss.

Kegiatan Diawali dengan pembacaan Selayang pandang perjalanan Terbentuknya Desa Manuwui Dan Sistem pemerintahan Desa Manuwui oleh Ketua BPD Eduard Maresy.

Dalam Selayang pandang disebutkan bahwa Pemerintahan Di desa Manuwui mulai terbentuk pada masa Pemerintahan Penjajah Belanda Pada tahun 1880 oleh kolonial Belanda Menunjuk Raja pertama Wati Makrey, sistem pemerintahan raja bergantian sebanyak enam kali dan berakhirnya sistem tersebut di tahun 1972.

Dan pada tahun 1972 Desa Manuwui memasuki babak sistem pemerintahan Demokrasi dan terpilih sebagai kepala Desa pertama Almarhum Dolvinus Teky, Dolvinus terpilih tahun 1974,memerintah selama dua periode terakhir meletakan jabatan tahun 2005 dan pada tahun 2008 terpili Kepadesa Manuwui Fredy Rewuty memerintah dua periode dan berakhir di tahun 2021.

Kemudian ditahun 2022 Marten Teky terpilih sebagai kepala desa untuk masa pemerintahan 2022 sampai 2028. Dalam acara Ritual Adat pengukuhan Kepala Desa Manuwui secara adat Di sematkan Basta sebagai simbol mahkota kepala Pemerintahan Adat, juga di berikan sebuah pedang, Salah satu Tokoh adat Desa Manuwui Zet Mapussa Ketika di konfirmasi wartawan media tren24reportase.com tentang arti ritual adat Zet Mapussa menjelaskan bahwa Sudah merupakan Tradisi Bahwa setiap kepala desa yang baru memegang jabatan harus di kukuhkan secara adat sebagai wujud pemberian kewenangan dalam sistem pemerintahan adat sehingga bisa memimpin kegiatan-kegiatan yang bersifat adat.

Zet Mapussa berharap kepala Desa yang baru dapat mengayomi dan melayani masyarakat tanpa diskriminasi terhadap warga yang mungkin saat pemilihan memilih calon kepala desa yang lain.Zet berharap kepala desa Baru Marten Teky lebih amanah dalam melayani masyarakat.

Kegiatan pengukuhan adat disaksikan warga desa Manuwui dan para tamu undangan baik dari pihak kecamatan yang di wakili plh, Leunard Romkeni, juga dari tokoh agama ketua Klasis tepa Ibu Pdt.J Talahatu.

Acara diakhiri doa dan jabat tangan bersama semua warga desa Manuwui yang hadir.(Eki)

About Post Author