9 Februari 2023

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

232 Rumah Di Desa Karangligar Terendam Banjir, 858 KK Terpaksa Mengungsi

Spread the love

Karawang, Tren24reportase.com-Desa Karangligar Kecamatan Telukjambe Barat terendam banjir akibat hujan yang mengguyur Karawang mengakibatkan tiga sungai meluap hingga ratusan rumah warga di dua kecamatan terendam banjir,hingga 858 KK mengungsi, Desember 5/12/2022.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Plt BPBD Kabupaten Karawang Yasin Nasrudin mengatakan, banjir menyebabkan ratusan Kepala Keluarga KK mengungsi.

Akibat hujan kemarin tiga sungai yakni Cibeet, Citarum dan Cidawolong meluap, dan muaranya ada di wilayah Desa Karangligar, akibatnya kebanjiran,” Ucap Yasin.

Lanjut Yasin, akibat banjir tersebut tercatat sebanyak 232 rumah warga di Desa Karangligar dan Mekarmulya Kecamatan Telukjambe Barat, serta Kelurahan Karawang Kulon, dan Kelurahan Tanjungmekar di Karawang Barat terendam dengan ketinggian variatif.

Ada di dua Kecamatan, jadi memang muatanya disitu, ketinggiannya variatif, dari 10 centimeter sampai yang terdalam 120 centimeter.

Akibat banjir tersebut sebanyak 858 kepala keluarga harus mengungsi, Pihaknya juga sudah melakukan berbagai upaya untuk menangani warga terdampak banjir tersebut,”Ujarnya.

Kita lakukan asessmen terhadap warga terdampak bencana banjir, dropping logistic, evakuasi warga terdampak, serta sosialisasi komunikasi dan edukasi kebencanaan kepada warga terdampak.

Yasin mengimbau agar warga yang saat ini masih belum bersedia mengungsi, agar segera mengungsi supaya kesehatan warga tak memburuk.

Masih ada beberapa warga yang belum bersedia mengungsi, kami harap segera mengungsi karena jika terlalu lama di daerah terdampak, bisa menyebabkan kondisi kesehatan memburuk,” kata Yasin.
(Agus)

About Post Author