10 Agustus 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Jembatan Wonokerto Dibongkar, Kapolres Demak : Kita Lakukan Contraflow

Spread the love

Demak, Tren24reportase.com – Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono melakukan peninjauan persiapan terakhir pembongkaran jembatan Wonokerto yang berada di km 18 Semarang- Demak tepatnya di Desa Wonokerto Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah.

“Kita bersama kontraktor dari Bukaka maupun HKI dan instansi terkait mengecek jembatan Wonokerto yang mau mengarah ke Demak, Jadi ini nanti tepatnya jam 22.00 wib akan dilaksanakan pekerjaan pembangunan kembali jembatan Wonokerto baru” Kata Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono saat dilokasi jembatan Wonokerto. Rabu 20-7-2022.

Pelaksanaan pembangunan jembatan diperkirakan memakan waktu sekitar 8 bulan dengan terhitung dari tanggal 20 Juli 2022 sampai 23 April 2023. Pembangunan dilakukan karena salah satu bagian pondasi jembatan kondisinya sudah tidak layak lagi untuk menahan beban yang cukup berat, selain itu faktor usia jembatan yang sudah berumur 48 tahun lebih.

Selama proses pembangunan jembatan Wonokerto, Kapolres Demak memastikan tidak ada penutupan jalan. Namun demikian akan diterapkan pengaturan arus lalu lintas dengan Contraflow atau satu arah digunakan untuk dua arah. Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah jalur alternatif agar nantinya tidak terjadi kemacetan panjang.

“Kami sudah lakukan skema untuk merekayasa lalu lintas kususnya yang nanti akan mengarah Semarang- Demak. jadi Jalan tidak kita tutup, tetap mengalir arus lalu lintas yang dari Semarang kita lakukan Contraflow kearah jembatan Wonokerto baru yang mengarah dari Demak ke Semarang” ungkapnya.

Sementara itu, Manager Operasional Lapangan PT. Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Niko menjelaskan jembatan Wonokerto dengan panjang 75 meter dan lebar 11,8 meter sudah mempunyai umur untuk penggunaan sekitar 50 tahun sehingga memang harus dilakukan pergantian dengan mengingat beban tertumpu bagian tengah dan kondisinya sudah umur.

” Kondisinya memprihatinkan, mungkin terikat dengan umurnya”, jelasnya. (Parno)

About Post Author