19 Agustus 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Maraknya Pungli Di Samsat Kota Bekasi

Spread the love

Kota Bekasi, Tren24reportase.com – Pungutan liar (pungli) diduga masih saja terjadi di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Bekasi. Pungli di kantor tersebut dilakukan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab.

Para Wajib Pajak (WP) diharapkan untuk berhati-hati dan segera melaporkan oknum pelaku praktek pungli tersebut kepada tim saber pungli. Hal itu terungkap, saat salah satu warga WP yang ingin memperpanjang STNK kendaraan bermotor miliknya.

Menurut sumber yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa saat mengambil berkas cek fisik kendaraan bermotor, dirinya dimintai uang Rp. 30.000 (tiga puluh ribu rupiah) yang tidak tercantum di dalam notice, 7/7/22.
“Selain cek fisik yang dimintai Rp. 30 ribu, ada lagi biaya ACC BPKB Rp. 50 ribu, ketika pemeriksaan berkas di sana. Biaya itu aneh buat saya karena tidak tercatat di dalam notice yang diterima, ungkapnya.
Hal tersebut yang dialami oleh Para Wajib Pajak (WP) dari penyedia jasa pelayanan atau “calo” yang memang menguruskan STNK dan administrasi di Samsat Kota Bekasi.

Sungguh ironis disaat Presiden Jokowi dan Kapolri mencanangkan program bebas pungli dan pelayanan yang cepat dan maksimal kepada masyarakat tapi kenyataannya di Samsat Kota Bekasi, masih saja ada praktek pungli yang sebenarnya sangat menyengsarakan masyarakat.
Oleh karena itu masyarakat berharap agar dilingkungan kantor Samsat kota bekasi untuk membangun zona integritas bebas korupsi, pungli, dan gratifikasi segera dilakukan untuk memberikan layanan kepada masyarakat sebaik-baiknya. ( AGS)

About Post Author