4 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Pembangunan Pasar Kapuas Raya Modern Yang Di Kelola PT.PIN Jadi Yang Termegah di Kota Sintang

Spread the love

Sintang, Tren24reportase.com-Walaupun masih tahap pengerjaan, proyek pembangunan Pasar Modern Kapuas Raya sudah berdiri megah di pusat Kota Sintang.

Bersama Pemerintah Kabupaten Sintang Direktur PT. PELITA INTRA NASIONAL (PT. PIN) yaitu Andreas Surianto menunjukkan bagaimana bisnis pasar modern Kapuas Raya nantinya bisa menarik minat masyarakat yang ingin berkunjung di pusat perbelanjaan terbesar dan termegah di Kota Sintang.

Melalui kesempatan ini pada hari Selasa pagi (14/06/2022), Direktur PT. PIN Andreas Surianto menjelaskan beberapa hal berkaitan dengan kunjungan dari instansi Pemerintah Kabupaten Sintang dalam kunjungan pemantauan progres pembangunan Pasar Modern Kapuas Raya tersebut.

“Jadi investasi kita untuk kawasan pasar Kapuas Raya, Rumah Sakit dan Hotel ini, itu sudah lebih dari 40 miliyar ya. Kalau perhitungan kami apabila ini sudah selesai itu bisa menyerap tenaga kerja itu ada ribuan. Karena misalkan 1 ruko itu ada 10 ataupun 20 karyawan maka itu sudah mencapai sekitar 2 ribuan karyawan yang bisa diserap,” ungkap Andreas,

Disamping itu juga lanjut Andreas, terdapat pasar tradisional modern yang dikelola secara swasta yang juga disewakan untuk lapak dan kios dengan harga yang mampu di jangkau

“Nah ini untuk membantu UMKM ya. Dan ini dengan harga yang sangat murah dan terjangkau sekali dengan sistem dan menejemen yang sudah profesional. Plus dari hasil sewa itu kita akan membayar pajak kepada Pemerintah. Dan biasanya pajak sewa itu 10 persen,” tambah Andreas.

Lanjutnya, Pemerintah juga mendapat kontribusi dari kawasan pasar ini setiap bulannya itu sebesar 10 persen.

“Sistem pengelolaan kita juga secara profesional dan transparan. Jadi bisa dicek dan kita juga menggunakan sistem dan teknologi. Jadi saya katakan kawasan ini adalah kawasan paling modern saat ini se Kapuas Raya yang ada di kabupaten Sintang, Jadi nanti ada rumah sakit, ada hotel terus ada pasar tradisional modern, terus ada tempat pusat kuliner. Kira-kira seperti itu,” jelas Andreas kembali.

Andreas menambahkan target penyelesaian kawasan pasar modern Kapuas Raya tersebut sekitar pertengahan tahun depan.(Hadi)