1 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Bupati Maluku Barat Daya Diminta Lantik BPD Desa Letsiara dan Desa Yaltubung 2021-2027

Spread the love

MBD, Tren24reportase.com-Bupati Maluku Barat Daya Benjamin Thomas Noach ST diiminta untuk segera Melantik Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Letsiara Dan Desa Yaltubung Kec.PP Babar kabupaten Maluku barat (MBD).

Hal tersebut di sampaikan oleh tokoh masyarakat Desa Letsiara Dan Desa Yaltubung ditempat terpisah pada Rabu 25, Mei 2022. Menurut tokoh masyarakat Desa Letsiara A.H.Amama,F.Teurupun, dan Apsalom Anmama. Selaku pengku adat bahwa sampai saat ini Desa Letsiara belum melakukan evaluasi terhadap dana desa Letsiara tahun anggaran 2022 dan bila Bupati tidak segera melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa, maka Dana Desa Letsiara tahun anggaran 2022 kita tidak tahu mau bilang apa, karena sampai saat bulan mei masyarakat penerima manfaat BLT dana desa belum menerima bantuan tersebut, akibatnya mereka cemburu dengan penerima manfaat PKH maupun bantuan lainnya dari pemerintah pusat.


Kepala Desa Letsiara yang akrab di sapa Lewi.Etwiory, ketika dihubungi wartawan media tren24reportase.com soal keterlambatan evaluasi dana desa, Etwiory mengaku bahwa ia telah mengirimkan berkas anggota BPD terpilih Desa Letsiara kepihak Dpmd Maluku Barat Daya, tinggal menanti putusan Bupati Maluku Barat Daya, entah nanti diberikan rekomendasi ke camat itu kewenangan Bupati, “ungkapnya.


Menurut kepala desa Letsiara ia sangat berharap juga ke Bupati untuk bisa segera melantik BPD terpilih agar sistem pemerintahan bisa berjalan baik, ia juga mengaku bahwa ia baru saja pulang dari perawatan di Jakarta, karena sakit, sehingga ia baru melakukan proses data BPD terpilih.


Hal senada juga di sampaikan Tokoh muda Desa Yaltubung, E.K, beliau meminta Bupati bisa segera memproses pelantikan BPD terpilih desa Yaltubung, agar proses evaluasi dana desa bisa berjalan, mengingat Desa Yaltubung pada tahun 2021 tidak mencairkan dana untuk pembangunan, jangan sampai tahun 2022 ini terulang kembali, E.K sangat mengharapkan kepedulian Pemerintah daerah Maluku Barat Daya dalam merespon keluhan masyarakat, karena dana desa bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.


E.K juga menjelaskan bahwa sampai saat ini masyarakat Desa Yaltubung penerima manfaat BLT dan desa belum ada yang terima, sementara masyarakat yang lain SDH terima bantuan sosial baik PKH maupun bantuan BTP KLWN TNI sudah menerima bantuan, jadi kami selaku tokoh muda Desa Yaltubung, memohon kepada Bupati Maluku Barat Daya agar segera melantik anggota badan Permusyawaratan Desa Yaltubung tahun 2021-2027.(Eki)