7 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Disdik Kabupaten Bogor Bakal Izinkan Siswa Lepas Masker saat PTM

Spread the love

Kab. Bogor, Tren24reportase.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor akan melonggarkan penggunaan masker bagi siswa di sekolah saat Pembelajaran Tatap Muka atau PTM diterapkan. Hal itu merunut pada pernyataan Presiden RI Joko Widodo atau Jokwi yang membolehkan masyarakat tidak menggunakan masker saat di ruang umum.

“Kan, sudah ada arahan atau instruksi dari presiden, ya terkait pelonggaran penggunaan masker, tentu jika memadai kami pun membolehkan siswa tidak menggunakan masker dalam kelas saat belajar PTM,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi memperbolehkan masyarakat beraktivitas di luar ruangan tanpa mengenakan masker. “Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan,” ujar Jokowi, Selasa, 17 Mei 2022.

Namun, menurut Juanda, sebelum kebijakan memperbolehkan tidak menggunakan masker dalam kelas di implementasikan, Dinas Pendidikan terlebih dulu akan berkoordinasi dan menggali informasi pendukung ke Satuan Tugas atau Satgas Covid-19 tentang penerapannya itu.

“Kami akan ikuti prosedur yang sesuai dari arahan Satgas. Pun, meski nanti dibolehkan lepas masker, saya meminta semua jenjang sekolah dan Pendidikan di Kabupaten Bogor tetap mempertahankan aturan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan,” kata Juanda.

Sekretaris Daerah sekaligus Ketua Harian Satgas Covid Kabupaten Bogor Burhanuddin mengatakan saat ini kondisi penyebaran Covid-19 di wilayahnya masuk dalam kategori level dua. Artinya, langkah mitigasi dan antisipasi harus tetap dijalankan dengan menjaga proses dan penggunaan masker.

“Kami prosedural saja, meski ada pernyataan dari presiden membolehkan melepas masker, tetap kita harus memperhatikan tingkat penyebaran covid di Bogor. Saat ini kami masih di level II, artinya penggunan protokol kesehatan masih diharuskan. Kita lebih baik mencegah,” kata Burhanuddin. (Aripin Lubis)