10 Desember 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Jokowi : Masyarakat Boleh Buka Masker di Ruang Terbuka

Spread the love

Jakarta, Tren24reportase.com- Presiden Jokowi telah mengumumkan masyarakat boleh melonggarkan penggunaan masker di tengah kondisi Covid-19 di Indonesia yang sudah lebih terkendali.

Hal tersebut diumumkan Jokowi dalam pernyataan pers yang disampaikan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5/2022) petang.

“Pertama pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker,” ujar Jokowi seperti disiarkan langsung via saluran Youtube Sekretariat Presiden.

Ia mengatakannya usai pemerinta Indonesia mengamati kondisi terkini penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia sudah terkendali.

Namun kebijakan pelonggaran masker itu diberikan kepada mereka yang beraktivitas di luar ruangan atau tak di area terbuka tidak padat orang dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Selain itu, pemerintah disebutkan mulai mempersiapkan skenario penanganan Covid-19 di RI dari pandemi menjadi endemi. Salah satunya adalah mengizinkan pelaksanaan mudik lebaran 2022 setelah dua tahun sebelumnya dibatasi.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebutkan Indonesia secara de facto sudah menuju ke endemi Covid-19.

Muhadjir mengatakan kondisi itu berdasarkan data Covid-19 di Indonesia. Di antaranya angka kasus aktif, positivity rate, tingkat okupansi rumah sakit, dan angka kematian yang rendah.

“Sekarang sudah ada tanda-tanda bukan tertinggi dari penyakit yang ada,” ujar Muhadjir, Kamis (12/5).

Muhadjir menuturkan transisi pandemi ke endemi ini dipertaruhkan setelah libur Idulfitri tahun ini. Menurutnya, jika pasca Idulfiri tidak ada penambahan kasus signifikan, maka Covid-19 di Indonesia akan segera menjadi endemi.(Red)

About Post Author