18 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Belawan Jadi Lautan, Ribuan Rumah Warga Terendam Pasang

Spread the love

Medan, Tren24reportase.com – Kecamatan Medan Belawan Kota Madya Medan Provinsi Sumatera Utara seakan berubah menjadi lautan. Ketinggian pasang Rob di daerah tersebut mencapai 1 meter. Akibatnya puluhan ribu rumah warga di sana terendam. Minggu (15/05/2022) pukul 12.00 Wib.

Pantauan Tren24reportase.com di lapangan, ketinggian pasang Rob (Pasang air laut-red) tidak saja serang penukiman warga, namun jalan Raya yang menghubungkan Medan dengan Belawan (Mulai Kelurahan Belawan Bahari hingga Kelurahan Belawan I-red) juga digenangi air. Akibatnya aktivitas masyarakat di sana lumpuh.

Dampak yang ditimbulkan pasang Rob tersebut dirasakan masyarakat luas. Selain merusak perabotan rumah tangga, pasang Rob juga hancurkan petani tambak ikan dan udang.

Selain di Kecamatan Medan Belawan, ketinggian pasang Rob juga melanda Kecamatan Medan Marelan (Kelurahan Labuhan Deli dan Kelurahan Paya Pasir-red).

Keresahan masyarakat Medan Belawan mencapai ambang batas, masyarakat tagih janji Kepala Daerah (Gubsu dan Walikota Medan-red) yang diucapkan saat kampanye dulu. Namun hingga kini belum ada pejabat Pemerintahan yang mampu atasi Pasang Rob. Berdasarkan data yang dikeluarkan Kecamatan setempat, ketinggian pasang Rob akan dirasakan masyarakat sampai tanggal 18 Mei 2022. (Man)