27 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Kelompok Tani Karya Makmur Pekon Balak Menaruh Asa Pada Tanaman Jagung dan Berharap Bantuan Pemerintah Daerah

Spread the love

Tanggamus, Tren24reportase.com–Setelah beberapa kali warga masyarakat petani Kates yang tergabung dalam Gapoktan ‘Tani Karya Makmur’ desa/Pekon Balak kecamatan Wonosobo kabupaten Tanggamus mencoba kembali menanam Kates baik jenis California maupun Calina selalu saja gagal terus, berkemungkinan dikarenakan tanah atau lahan yang ada sudah tidak lagi cocok untuk ditanami Kates. Dengan pertimbangan itulah mereka saat ini mencoba beralih ke tanaman Jagung.rabu 11/05/2022.

Ketika awak media ini mendatangi lokasi perkebunan jagung milik Kelompok tani yang ada Disun Sukajadi,Pekon balak, kecamatan Wonosobo kab Tanggamus guna untuk mencari informasi terkait tanaman jagung yang sedikit menjadi perhatian masyarakat setempat, dan awak media pun disambut baik oleh Ketua Kelompok tani Karya Makmur’ yaitu Bp Junaidi atau yang akrab disapa Junai putuk. Dan beliau memaparkan dengan panjang lebarnya. Kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok tani yang dia pimpin. "ya,, awalnya ini semua karena kami sudah putus asa untuk menanam kates yg sudah tidak cocok lagi, selalu saja gagal.

Maka sekarang kami mencoba beralih ke tanaman Jagung, yaitu jagung jenis Hebrida Sumo, adapun menurut keterangan yang kami peroleh baik dari kelompok Tani dilain tempat yang sudah berhasil maupun keterangan yang kami dapat dari penyuluh pertanian yang ada di kecamatan Wonosobo yakni Bp Firman malik, beliau seminggu sekali mendatangi kami dan selalu membantu kami dalam hal yang belum kami miliki skill nya”ungkap Junaidi.

Selanjutnya pak Junaidi menambahkan bahwa dirinya dan anggota kelompok Tani Karya Makmur’ saat ini mengolah lahan sekitar 12 Hektar untuk ditanami jagung dengan juknis pola tanam dan perawatan yang sudah diajarkan oleh Penyuluh.Adapun biaya yang dikeluarkan oleh kelompok Tani Karya Makmur’ kurang lebih Rp 200.000.000,00(Dua ratus juta rupiah) untuk Pengolahan lahan, pembelian bibit dan Pembelian Pupuk serta obat-obatan. Dan bila panennya nanti sesuai harapan maka bisa mencapai 200 Ton lebih.” tambah Junaidi.

Ketua Gapoktan’Karya Makmur Pekon balak beserta anggotanya sangat berharap kepada pemerintah daerah dalam hal ini Dinas terkait agar kiranya bisa membantu mereka. "harapan kami selaku kelompok tani karya makmur’, agar kiranya pemda tanggamus bisa membantu kami dalam hal mengolah lahan untuk bercocok tanam, mengingat selama ini kami kesulitan untuk mencari alat berat jenis tracktor jadi kami dapat sewaan dari kabupaten lampung timur, dalam membeli pupuk juga kadang sulit, semoga saja pemerintah bisa membantu kami setidaknya memfasilitasi agar kami merasa ringan”harap junaidi.(Suwarno)