7 Desember 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Kemacetan Puncak Arus Balik Jakarta Tak Bisa Terhindari

Spread the love

Jakarta, Tren24reportase.com-Kemacetan karena volume kendaraan naik selama arus balik Lebaran 2022 menuju Jakarta tak terhindari menurut Dirlantas Polda Metro Jaya.

Pada puncak arus balik, yang diprediksi terjadi pada Minggu (8/5), Polda Metro Jaya memprediksi sekitar 269 ribu kendaraan akan memasuki Jakarta.

Lebih dari setengahnya, sekitar 174 ribu kendaraan, diperkirakan datang dari arah timur, yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Yang saat ini kami lakukan adalah mengelola kemacetan. Kemacetan akibat kepadatan dan kenaikan volume arus lalu lintas tidak mungkin bisa dihindarkan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (5/5).

Menurut Sambodo, pihaknya akan berupaya mengelola kemacetan bersama pemangku kepentingan yang lain agar perjalanan masyarakat tidak terhambat imbas kenaikan volume kendaraan.

“Yang kami lakukan adalah bagaimana mengelola kemacetan tersebut sehingga bisa memberikan kepastian kepada masyarakat dan kita kelola agar tidak menimbulkan komplain dan membuat frustrasi masyarakat serta belajar dari arus mudik ‘one way’ kemarin,” ujar Sambodo.

Kemacetan diyakini akan terjadi lantaran arus balik dari berbagai wilayah bakal bertemu di Jakarta. Pengelola jalan tol Jasa Marga telah mencatat 195 ribu kendaraan kembali ke Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi pada H+1 atau Rabu (4/5).

“Pada saat arus balik itu semuanya akan bermuara di Jakarta. Itulah sebabnya Polda Metro Jaya, khususnya Direktorat Lalu Lintas perlu melakukan langkah-langkah rekayasa lalu lintas dan imbauan kepada masyarakat agar perjalanan arus balik tidak terhambat,” jelas Sambodo.(Red)

About Post Author