18 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Yayasan Pembangunan Sosial Ekonomi (YASPENSEL) Larantuka Bersama CRS Gelar Simulasi Bencana Di Desa Adabang Titehena

Spread the love

Flores Timur, Tren24reportase.com-Dalam rangka memperingati Hari Kesiap siagaan Bencana Nasional (HKBN) setiap tanggal 26 April, Catholic Relief Service (CRS) bergandengan tangan dengan Yaspensel melalui proyek flo desa, melaksanakan kegiatan simulasi bencana hari ini selasa 26 April 2022 .

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Bupati Flores Timur yang diwakili Kepala Pelaksana (kalak) BPBD Alfons Betan . “Berkaca pada peristiwa 1992 bencana waktu itu sungguh menghancur leburkan desa Adabang, hingga hari ini kenapa CRS dengan Direktur Yaspensel mengambil titik sentral simulasi Tindakan Mitigasi sebagai bentuk edifikasi terhadap semua pihak , juga membangun kesadaran masyarakat agar mampu menghadapi ancaman bencana”, pesan Pemda Flotim yang dibacakan kalak BPBD Alfons Betan .

Sesuai peraturan menteri sosial Rl nomor 128 tahun 2011 telah mengamanatkan adanya Kampung Siaga Bencana di Desa-Desa (KSBD), agar dapat bergandengan tangan dengan Tagana bekerja bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibawa garis komando Mensos Rl . Kampung Siaga Bencana (KSB) inilah menjadi salah satu uraian penjelasan dari amanat PP nomor 21 tahun 2008 pada pasal 1 ayat 6 perihal mitigasi bencana adalah tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Ringkasnya mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana, demikian urai Yosephine widiastuti alias ibu pipin kepada awak media usai kegiatan simulasi ini . “Kenapa kegiatan simulasi ini harus terjadi di desa Adabang, ini menjadi keputusan pihak YASPENSEL, karena pertimbangan banyak faktor pendukung sehingga kami dari CRS well come aja dan ini baru pertama kali terjadi di Flores Timur, sementara kegiatan hari ini melibatkan buanyak banget instansi terkait sebagai daya dukung simulasi ini bisa jalan gitu”,ujar ibu pipin berapi-api di hadapan awak media.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh kadis sosial Anselmus Yohanes Maryanto,S, Sos, Camat Titehena, kapus Lato, perwakilan KSBD dari 9 desa dampingan proyek floDESA seperti desa Pledo Kecamatan Witihama, Desa Duablolong Kec.lleboleng Adonara, Desa ilepadung, Desa lewobelè, Desa sinarhading, Desa kolaka, Desa lamatutu, Desa oyangbaran, dan Desa Nurabelen. Kepala Desa Adabang Damianus Adam Wada,S.fil menyampaikan apresiasi kepada Yaspensel dengan Catholic Relief Services juga kepada semua pihak yang turut terlibat menyukseskan kegiatan Simulasi hari ini selasa, 26 April sekaligus mengenang kisah pilu Desa Adabang pada tahun 1992 silam . Naragere Bernard