7 Desember 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Kegiatan PKBM Disinyalir Kurang Pengawasan,
Anggaran BOP, Rawan Korupsi

Spread the love

Kab. Bogor, Tren24reportase.com – Besarnya anggaran BOP PKBM yang diberikan oleh pemerintah persiswanya dan mudahnya mendapatkan perijinan PKBM-PKBM di Kabupaten Bogor semakin menjamur. Namun sayangnya, pengawasannya ditingkat bawah dinilai sangat minim.

Minimnya pengawasan ditingkat bawah dan kurangnya keterbukaan dari oknum-oknum PKBM menjadikan terjadinya adanya dugaan sejumlah penyimpangan. Pengelola PKBM ditemukan tidak ada keterbukaan tentang anggaran, kegiatan, jumlah siswa yang terdaftar di dapodik maupun jumlah tutornya. Padahal sangat jelas disebutkan anggaran yang bersumber dari keuangan Negara, ‘ harus terasfaran penggunaan nya. Sesuai dengan undang – undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan bukaaan informasi publik.

Seperti diberitakan oleh media online Tren24reportase.com pada hari sebelumnya, Yayasan AL- Hanif yang megola Pendidikan PKBM AL- Anwariyah dan PAUD AL- Hanif tertutup dengan anggaran, baik penerimaan maupun penggunaannya. PKBM AL-Anwariyah yang beralamat didesa Kalong satu Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat beberapa kali didatangi Yayasannya untuk dikonfirmasi tentang kegiatannya dimana saja titik-titik nya siapa saja tutornya dan jumlah siswa yang ikut belajar di PKBM AL-Anwariyah, pihak sekolah maupun Yayasan (kepala sekolah) sangat sulit ditemui. Insial E S selaku
Kepala sekolah selalu tidak berada ditempat.

Informasi dari orang yang ada dirumah dekat yayasan, sedang keluar’ hal ini beberapa kali di alami oleh Media Tren24reportase.com, Ketua yayasan sama kepala sekolah tidak ada, ada perlu apa ujarnya pemilik rumah. Menurut data kemdikbud data siswa, laki-laki 129 dan perempuan 85 orang. Penyengraan Siang 6 hari, Ruangan kelas 8 sanitasi siswa 2 dan guru 5 orang. Minimnya informasi yang diterima dari pihak PKBM maupun dari yayasan karena tidak adanya keterbukaan, tim mendatangi warga sekitar untuk konfirmasi kegiatan PKBM AL -Anwariyah, wargapun tidak mengetahui kegiatan PKBM AL-Anwariyah. Kami tidak tau kegiatan belajar kapan, dan dimana saja titik-titik nya”tutur warga. Tanyain keorangnya saja , biar jelas, kami warga tidak mengetahui kegiatan nya maupun anggaran. Kami taunya sudah ada perubahan dari sebelumnya gedung sudah bagus sudah bertingkat itu yang kami lihat dari luar, tambah warga. Bapa ke yayasan saja nanyain, kami warga tidak tau.

Memang anggaran untuk PKBM itu ada, besar nya anggaran nya berapa ‘tanya nya Dengan ada nya dugaan penggunaan anggaran BOP yang diterima oleh PKBM AL – Anwariyah yang beralamat didesa Kalong satu Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor, layak dipertanyakan. (Arifin Lubis)

About Post Author