7 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Dijanjikan Kerja Di PT. PHG, Ratusan Calon Pekerja Dipungli Calo

Spread the love

Medan , tren24reportase.com – Ratusan calon pekerja yang dijanjikan akan bekerja di PT. PHG Belawan dan KIM dipungli calo berinisial ER (54) warga Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan kota Madya Medan Provinsi Sumatera Utara. Calon pekerja yang merasa dirinya tertipu itu akan melaporkan masalah tersebut ke penegak hukum. Minggu malam (10/04/2022) pukul 23.00 Wib.

Dugaan penipuan tenaga kerja itu terungkap setelah puluhan calon tenaga kerja datangi tempat kediaman pelaku (ER-red).

“Kami datang ke rumah ER untuk meminta uang kami dikembalikan. Sudah 1 tahun kami menunggu, tapi kami tidak juga dipekerjakan”, beber RHM (22) warga jalan Yong Panah Hijau.

Ketika ditanya jumlah calon pekerja yang dipungut bayaran, RHM bersama temannya RM, WY, WR, FDL, HR, DN, MI, PD, dan MN sebut ratusan calon pekerja.

“Jumlah kami semua sekitar 500-an calon pekerja. Masing-masing kami dikenakan biaya DP Rp. 1 juta. Dan bila sudah bekerja maka ditambah Rp. 2 juta yang dipotong dari gaji”, kata RHM yang dibenarkan puluhan calon pekerja lainnya.

“Tolong bantu kami pak, kami adakan uang tersebut dari pinjaman, tapi kami tidak dipekerjakan. Dampingi kami pak buat laporan ke Polisi”, tambah RHM.

Ratusan calon pekerja tersebut dijanjikan ER akan dipekerjakan di PT PHG melalui biro PT. BPS Medan dan PT. SWM Medan. Sekitar 1 tahun yang lalu masing-masing calon pekerja dipungut biaya awal Rp. 1 juta.

Diantara calon pekerja itu ada yang diberikan seragam kaos, bahkan ada pula yang buka rekening sebagai alat transfer gaji. Namun hingga kini calon pekerja tersebut tidak dipekerjakan.

Pelaku pengutipan dana bagi calon pekerja PT. PHG berinisial ER ketika dikonfirmasi melalui WhatsApp, Minggu malam (10/04/2022) belum menjawab.

Sementara pihak HRD PT. PHG Medan, ABD ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya sebut soal calon tenaga kerja tidak ada hubungannya dengan PT. PHG Medan.

“Calon tenaga kerja yang ditanyakan itu tidak ada hubungannya dengan PT. PHG Medan, dan perusahaan tidak tahu menahu. Kembali kami tekankan, tidak ada hubungannya dengan perusahaan kami”, jelas ABD. (Man)