18 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Progres Pengerjaan Relokasi Enam Kabupaten Di NTT Sesuai Janji Dari PT. Ady Karya

Spread the love

Tren24reportase.com, Flores Timur – Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, Dr. Sudirman,S.H.,M.H.,M.M mengundang dan sekaligus meminta asisten deputi pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan bencana Bapak Pranggono Dwianto,S.l.P.,M.Si. juga Auditor utama lnspektorat Jenderal PUPR Bapak lr. Widiarto,Sp.l selaku Kasatgas Penanggulangan Bencana wilayah NTT – NTB.

Turut serta asisten deputi kedaruratan dan management pasca bencana Bapak Nelwan Harahap,SP,M.Tr,P juga Direktur Peningkatan dan Pemulihan Fisik dari BNPB Bapak H. Ali Bernadus,SKM,MA yang mengapresiasi Progres Pembangunan di enam Kabupaten di wilayah NTT ini, rata rata mencapai 96 persen . ” Dari tiga titik di Flores Timur ini seperti di Oyan Baran (50 unit), Lama Nele (55 unit)dan Nara Sao Sina (195 unit)progresnya rata-rata mencapai 96 persen dan nanti tinggal ditempati dengan mekanisme seperti piala dunia itu supaya fair, agar menghindari aspek suka atau tidak suka kepada warga yang bakal menempatinya nanti, dan seperti di Narasaosina ini sudah diatur SK masing masing warga tinggal di undi seperti piala dunia itulah”,jelas Ali Bernadus kepada wartawan siang tadi di lokasi pemukiman Narasaosina Adonara Timur.

Kalau di Lembata kemarin ada tiga areal dan dua areal sudah bisa ditempati dan tinggal satu areal sudah capai 90 persen pengerjaannya, lalu untuk di Adonara kita punya ada dua proyek yang dibiayai oleh teman teman dari BPBD dan bukan PU dan sekarang ini teman teman sedang validasi jadi tinggal 249unit yang akan dibangun mulai dari Rusak Ringan,Rusak Berat itu akan dibangun oleh BPBD “,urai Ali Bernadus kepada Tren24reportase.com.

Pada kesempatan yang sama Asisten Deputi Kedaruratan dan management Pasca Bencana, Bapak Nelwan Harahap mengatakan bahwa “Kami dari Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik lndonesia melakukan Monitoring hari ini, bahwa dengan hasil pencapaian sangat bagus dan luar biasa seperti janji mereka pasca bencana pembangunan akan rampung dikerjakan, artinya janji setahun akan rampung ini juga sekarang bulan April jadi sekitar bulan Mei 2022 itu sudah bisa dihuni oleh warga masyarakat kita di Adonara Timur ini”, ujar Harahap penuh antusias.

Rombongan singgah di lokasi Pemukiman selama satu jam tanpa ada petinggi Kabupaten Flores Timur ini terus merangsak dengan cepat menuju penyebrangan Tobilota untuk nyebrang ke Larantuka karena harus flight ke Kupang pukul 15.00 wita. Jadwal kunjungan dari hari jumat-Senin 8-11 April 2022, selama empat hari di NTT untuk melakukan monitoring di enam kabupaten termasuk Flores Timur yakni di Adonara.(Naragere Bernard)