16 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Bupati Anwar Sadat Serahkan Bantuan Korban Banjir Di Kecamatan Betara

Spread the love

Tanjab Barat, Tren24reportase.com-Bupati Tanjab Barat Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag tinjau langsung lokasi banjir sekaligus berikan bantuan bagi masyarakat Desa Mandala Jaya dan Desa Pematang Buluh kecamatan Betara yang terdampak musibah banjir. Senin (28/3)

Menurut laporan Camat Betara, Toni Ermawan, bahwa Banjir sudah berlangsung sekitar satu minggu, setidaknya 12 rumah di Desa Pematang Buluh dan 12 rumah di Desa Mandala Jaya terendam banjir.“Di Desa Mandala Jaya ada 12 rumah yang terdampak, Desa Pematang Buluh juga ada 12 rumah yang terdampak, 2 rumah airnya masuk keseluruhan rumah, yang lainnya hanya dapur, dan ada yang hanya sampai ruang tamu,” jelasnya

Sementara itu, Bupati sebut Pemkab Tanjab Barat akan segera salurkan bantuan. Selain bantuan berupa berupa makanan cepat saji, makanan anak, pakaian, mainan anak, family kit, tenda, dan selimut, Pemkab Tanjab Barat juga akan salurkan bantuan beras bagi korban banjir selama 30 hari kedepan.

“Kami berupaya memberikan bantuan selama 30 hari berupa beras dan sebagainya kepada bapak ibu rumahnya yang terendam Banjir,” ujar Bupati.

“Bantuan beras, kita akan berikan 400 gram per KK Perhari, selama 30 hari kita serahkan ke Camat dan Kades untuk disalurkan,” tambahnya.

Bupati juga sebut bahwa pihaknya melalui Disbunak dan Dinas Pertanian segera lakukan kordinasi ke Camat setempat terkait data jumlah tanaman kebun masyarakat yang mati akibat banjir, sehingga nantinya dapat diberikan bantuan berupa bibit tanaman.

Bupati juga menambahkan bahwa untuk Tahun 2022, Pemkab Tanjab Barat telah menganggarkan normalisasi parit/sungai yang mencapai 40 KM, harapannya banjir yang terjadi akibat pendangkalan sungai dapat diminimalisir.

“Saya sudah petakan akan ada normalisasi 40 km di parit fungsi, tapi parit kecil tugas bapak-ibu memperbaiki, untuk keluarnya air, itu dari desanya masing-masing,” ujarnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Bupati juga himbau masyarakat untuk segera lakukan vaksinasi tahap ketiga atau booster.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi dan penyerahan bantuan korban banjir di Desa Pematang Buluh.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah, Kadis Sosial, BNPB Tanjab Barat, Kepala Desa serta Tokoh Masyarakat sekitar.(Hermansyah)