25 Juli 2024

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Sanggar Sina Rian Di Kunjungi Direktorat Jenderal Kebudayaan Rl

Spread the love

Tren24reportase.com, Flores Timur-Rombongan Dirjen Kebudayaan ditemani Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Flores Timur Petrus Pemang Liku,S.Sos.,MT juga Kadis PKO Felix Suban Hoda,S.S.M.Ed menunaikan Kehadiran walau dalam suasana larut dan kelelahan lantaran perjalanan panjang seharian mengunjungi beberapa titik destinasi lain sebelumnya.

Semangat terus terlihat jelas Rombongan Dirjen Kebudayaan saat mulai berdiri dan menyalami seluruh undangan menempati lopo Sanggar Sina Rian malam itu. Sesuai schedule dari tanggal 24 -28 Maret 2022 adalah Jadwal Kunjungan ke tiga Kabupaten yakni Kabupaten Sika, Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam suasana semakin larut pak Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menyatakan Apresiasinya terhadap Markas “Oi” ternyata ada juga di Adonara Flores Timur Di Sanggar Sina Rian . “Jujur saya dalam hati bertanya tanya komunitas ‘Oi’ yang mana? Ternyata begitu masuk dan menyaksikan penampilan teman teman dengan melantunkan lagu khas Komunitas pendiri ‘Oi’ tadi maka saya jadi tau betul ini komunitas oi, Rumah saya Di Condet teman teman”,ujar pak Dirjen penuh semangat.

Dihiasi suasana malam yang sejuk di bawa rimbunan pohon mangga, Diskusi panjang mulai terurai manakala salah seorang aktor Sanggar Seni dari Waibalun Larantuka menyampaikan kesulitan dalam mengikuti evenheven nasional yang seharusnya Komunitas Sanggar memiliki legal standing menjadi persyaratan mutlak, sementara akses untuk mendapatkan hal satu ini menjadi kesulitan kami bersama teman teman lainnya di Adonara dan lembata, terbukti beberapa kali festival klas Nasional hanya satu satunya peserta dari Flores Timur, sementara masih banyak lagi komunitas teman teman seperti yang tergabung malam ini di Sanggar Sina Rian ini.

Mengurai sekian pertanyaan ibu Darmawati spontan mengambil mike dan menyampaikan bahwa “Sekarang ini memang Negara telah menyiapkan anggaran khusus buat teman teman komunitas Sanggar Seni dan Budaya dan teman-teman dapat melihatnya di google ketik indonesiana.go.id maka teman teman sekalian akan melihat sendiri dan dapat mendaftarkan langsung juga tidak ribet bagi teman teman karena hanya kurang lebih teman teman ketik 500 kata saja sudah terdaftar dan dapat akses informasi penting lainnya seperti anggaran biaya sudah ada tinggal teman-teman ketik nama sanggarnya dengan nama pengurusnya atau secara pribadi juga boleh kok, yang penting tinggal isi borang atau formulir yang telah disiapkan dalam link indonesiana.go.id tadi”, urai Darmawati dihadapan seluruh undangan dalam Markas Besar “Oi” Adonara.Naragere Bernard