18 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Camat Sintang, Ketua PODSI Beserta Donatur Apresiasi Kegiatan Lomba Dayung Sampan Bidar Tradisional Sintang

Spread the love

Sintang, Tren24reportase.com– Dengan digelarnya kegiatan lomba dayung sampan bidar dari komunitas sampan bidar tradisional yang diselenggarakan 2 hari mulai tanggal 26 Maret Hingga 27 Maret 2022, mendapat dukungan dan apresiasi dari masyarakat serta Pemerintah Kabupaten Sintang.

Melalui kesempatan ini, Camat Sintang Tatang Supriyatna, S.STP, M.Si, Ketua PODSI Kabupaten Sintang Polo, Donatur Kabupaten Sintang Alkadri, S.Sos, M.Si sangat mengapresiasi kegiatan lomba dayung sampan tersebut.

Melalui wawancara singkat oleh beberapa awak media, Camat Sintang Tatang Supriyatna sangat mendukung kegiatan lomba dayung sampan bidar tradisional tersebut.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kegiatan latihan bersama ini. Mudah-mudahan dengan adanya even ini kita bisa melestarikan budaya kita, bahwa sampan tradisional juga bisa sebagai sarana untuk mencari bibit-bibit atlit khususnya atlit dayung. Mudah-mudahan bisa berjaya ditingkat yang lebih tinggi, baik tingkat Provinsi maupun tingkat nasional,” ungkap Camat Sintang yang baru 2 minggu dilantik sebagai Camat.

Camat Sintang menambahkan, bahwa di Kalimantan Barat banyak sekali potensi yang dapat dikembangkan.

“Kita berharap akan muncul atlit-atlit daerah baik dari Sintang, Kapuas Hulu dan Sekadau yang bisa berjaya dikancah nasional,” tutup Camat Sintang.

Ditempat yang sama, Ketua Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Sintang yaitu Polo juga memberikan tanggapan dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan lomba dayung sampan bidar.

“Ini merupakan salah satu cabang dari olah raga dayung. Dan kami bertekad untuk terus melestarikan olah raga ini. Kekhawatiran kami bahwa jangan sampai olah raga tradisional ini punah. Dah saya ingin olah raga ini semakin hari semakin berkembang dan bertambah lagi olah raga-olah raga yang sifatnya modern dengan peralatan modern,” ungkap Polo.

Polo juga menambahkan, pihaknya tetap berkomitmen cabang olah raga tradisional yang berawal dari adat dan budaya tradisi dapat terus dilestarikan.

“Kami mendorong teman-teman komunitas maupun dari pihak swasta, instansi Pemerintah agar terus mendukung kegiatan ini,” pungkas Polo.

Dalam kesempatan ini juga mewakili donatur yaitu Alkadri, S.Sos, M.Si juga mensupport kegiatan lomba dayung sampan bidar tradisional ini agar terus berlanjut dan dilestarikan.

“Saya mewakili donatur atau sponsor. Mungkin yang perlu kita tingkatkan itu sinergitasnya antara PODSI dengan teman-teman pencinta atau komunitas sampan bidar ini. Kita melihat yang melaksanakan kegiatan ini hanya dari teman-teman komunitas pencinta sampan bidar dan ini perlu ada sinergitas,” ungkap Alkadri singkat. (Hadi Mulyani)