27 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

MGMP Otomotif Demak Laksanakan Kontes Kompetensi Siswa Bidang Automobile Technology

Spread the love

Demak, Tren24reportase.com – Musyawarah Guru Mata Pelajaran
(MGMP) Otomotif Demak menggelar kegiatan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) Bidang Automobile Technology tahun 2022 di gedung Center of Excellence SMK Islam Al Fadhila Desa Demung kecamatan Wonoslam Kabupaten Demak- Jawa Tengah.

Kegiatan diikuti 16 peserta dari berbagai SMK di kabupaten Demak yang memiliki Program Keahlian Teknik Otomotif atau Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif.

Kepala Sekolah SMK Islam Al Fadhila Fandoli Busran menyampaikan SMK harus mampu menghasilkan individu yang berkompeten dan siap kerja serta mampu menjawab tantangan Industri, Dunia Usaha maupun Dunia Kerja.

“Untuk menghasilkan SDM yang unggul dan berkompeten. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menggambarkan kualitas SMK di Kabupaten Demak” Kara Fandoli Busran saat membuka acara kegiatan di gedung Center Of Excellence SMK Islam Al Fadhila Desa Demung. Sabtu (26-3-2022)

Lomba Kompetensi Siswa SMK Bidang Automobile Technology ini mengemban misi untuk meningkatkan softskills peserta lomba agar mempunya jiwa yang tangguh, jujur, dan memiliki sikap disiplin dan karakter yang baik terutama sesuai harapan industri dalam penerapan budaya kerja di industri.

Selain itu, kegiatan ini menggandeng empat Industri besar dari Semarang dan Kudus untuk menjadi juri dalam perlombaan tersebut. Mereka antara lain dari PT. Sejahtera Sunindo Trada Suzuki Semarang, PT. Toyota Nasmoco Gombel Semarang, PT. Sidodadi Berlian Motors Mitsubishi Semarang, dan PT. Karya Zirang Utama Daihatsu Kudus.

Sementara itu, juri dari PT. Toyota Nasmoco Gombel Semarang M. Shodri mengaku sangat senang dan memberikan apresiasi yang tinggi dengan adanya kegiatan lomba ini.

“Mutu pendidikan anak bangsa menjadi penentu masa depan di negeri ini. Itulah sebabnya pondasi pendidikan harus kuat, agar mampu mencetak SDM yang memiliki kompetensi unggul, sehingga dapat berperan penting dalam dunia industri kedepannya dan mampu bersaing skill atau ketrampilan” Ungkapnya.

Hasil Lomba Kompetensi Siswa SMK Bidang Automobile Technology pada tahun ini mengalami perubahan perankingan yang luar biasa terhadap prestasi siswa dari masing-masing utusan SMK seperti yang dibuktikan SMK Islam Al Fadhila salah satu SMK Pusat Keunggulan membuktikan prestaasinya dalam meraih ranking pertama disusul ranking kedua SMK Mranggen dan SMK Negeri 2 Demak di urutan ketiga papar Ketua Otomotif Kabupaten Demak Sugondo, S.T, M.T saat menutup acara lomba tersebut.

Lomba kompetensi siswa bidang automobile Technology kabupaten Demak ini diakhiri dengan penyerahan Piala Bergilir dari Ketua MGMP Otomotif kabupaten Demak yang dipercayakan penyerahannya kepada perwakilan juri lomba dari industri Kuwat Apriyanto dari PT. Sejahtera Sunindo Trada Suzuki Semarang kepada peserta lomba peringkat pertama SMK Islam Al Fadhila Wonosalam. (Parno)