18 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Tak Ikut Program BPJS TK/KS, Buruh Geruduk PT. MBI

Spread the love

Medan, tren24reportase.com – Ratusan perwakilan buruh di bawah naungan serikat pekerja seluruh Indonesia (SPSI) datangi PT. Medan Baja Indo (BMI). Masalahnya perusahaan produksi baja itu dituding tidak ikut sertakan pekerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Kamis (24/03/2022).

“Saudaraku sekalian. Saat ini teman-teman kita (Pekerja/Buruh-red) sedang dizolimi di perusahaan PT. Medan Baja Indo. Mereka (Pekerja-red) tidak memiliki BPJS ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan. Kalau mereka sakit, berobat dengan biaya sendiri. Kalau kecelakaan kerja, mereka juga tanggulangi sendiri. Kezoliman ini tidak bisa kita biarkan, harus kita lawan, ayo kita datangi perusahaan itu”, kata salahsatu koordinator aksi, kemaren.

Dengan suara lantang dari atas mobil komando, ratusan perwakilan pekerja/buruh diarahkan ke perusahaan MBI untuk meminta kepastian pemberian hak pekerja terkait BPJS TK dan Kesehatan.

Selain soal kepesertaan BPJS, upah pekerja dan K3 di perusahaan itu disebut-sebut juga bermasalah.

Pantauan tren24reportase.com bersama tim Aliansi Wartawan Medan Utara, sebahagian pekerja di perusahaan PT. Medan Baja Indo mengenakan seragam kaos berwarna merah yang dilengkapi nama PT. Kartika Karya Cipta (KKC), sedangkan sebahagian lagi kenakan pakaian kerja biasa (Pakaian kotor-red). Perusahaan itu tergolong produksi logam berat dengan tingkat resiko kecelakaan kerja yang tinggi.

Direktur PT. Medan Baja Indo (MBI) melalui HRD ketika hendak dikonfirmasi tren24reportase.com bersama Aliansi Wartawan Medan Utara, Kamis (24/03/2022) pukul 11.30 Wib tidak berda di tempat. Menurut petugas Security, majikannya tersebut sedang keluar.

“Sebentar pak saya laporkan dulu… Maaf pak, HRD tidak ada, mereka sedang keluar”, kata Security lindungi majikannya. (Man)