4 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

HUT Tanggamus Ke-25 dan HUT Lampung Ke-58, Bupati Dewi Paparkan Prestasi

Spread the love

Tanggamus, Tren24reportase.com– DPRD Kabupaten Tanggamus menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Kabupaten Tanggamus dan HUT ke-58 Provinsi Lampung, Jum’at (18/3/2022).

Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos dan dihadiri 36 Anggota Dewan. Hadir dari jajaran eksekutif Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE, MM., dan jajaran Forkopimda setempat. Turut hadir Kajari Tanggamus, Kapolres, Dandim, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pendiri Kabupaten Tanggamus dan Para Veteran.

Dalam kesempatan itu Bupati Tanggamus Dewi Handajani atas nama Pemerintah Kabupaten Tanggamus, mengucapkan Dirgahayu Provinsi Lampung ke-58. Semoga Provinsi Lampung semakin maju dan berjaya.

Ia menyampaikan sinergi antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus selalu dilaksanakan. Salah satu buktinya Bapak Gubernur Lampung kemarin hadir langsung dan membuka secara resmi Musyawarah, Perencanaan, Pembangunan Kabupaten Tanggamus sekaligus beliau menyerahkan DIPA kepada Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

“Cukup banyak program-program Pemerintah Provinsi Lampung yang bersentuhan langsung dengan Kabupaten Tanggamus,” kata Bupati Dewi.

Selain itu, telah banyak capaian kemajuan pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Provinsi Lampung di Kabupaten Tanggamus. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung.

Berkat rahmat Allah SWT pada 25 Tahun yang lalu, atau tanggal 21 Maret 1997, Kabupaten Tanggamus secara resmi berdiri. Tidak terasa Kabupaten Tanggamus telah berusia seperempat abad, suatu rentang perjalanan waktu yang penuh dengan romantika dan dinamika sejarah.

Tema Peringatan HUT Tanggamus kali ini adalah “Wujudkan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Melalui Masyarakat yang Sehat, Inovatif, Berdaya Saing dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Di masa Pandemi Covid-19 yang masih melanda seluruh wilayah Indonesia termasuk di Tanggamus, maka perayaan dan peringatan Hari Jadi Tanggamus, kita adakan secara sederhana namun tanpa mengurangi makna rasa syukur kita atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.

Walaupun dengan segala keterbatasan, karena Pandemi Covid- 19, Kabupaten Tanggamus berhasil meraih banyak prestasi dan penghargaan, masih terus mampu membangun dan memberikan yang terbaik bagi seluruh Warga Masyarakat dan membawa nama harum Kabupaten Tanggamus, diantaranya:

Meraih opini WTP dari BPK RI. Secara total dalam kurun waktu 7 tahun terakhir, Kabupaten Tanggamus telah meraih 6 kali Raihan WTP dari BPK, yaitu Tahun 2015, 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021.

Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung. Ini merupakan raihan juara umum untuk 5 kali berturut-turut sejak Tahun 2016 sampai dengan
Tahun 2021. Penyelenggaraan Tahun 2020 ditunda, dilaksanakan tahun 2021.

Meraih penghargaan Kabupaten Cukup Peduli HAM Tingkat Nasional. Selama tiga tahun berturut-turut (2019-2021) dari Kemenkum HAM RI; Meraih Penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2021 dari BKKBN.

Tanggamus telah ditetapkan sebagai Kabupaten Layak Anak pada tahun 2021 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak.

Meraih Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021. Meraih Top pembina BUMD award pada tahun 2020 dan 2021.

Meraih Penghargaan Tribun Lampung Award, sebagai Kepala daerah dan BUMN yang telah membuat program Pro-Rakyat dalam penanganan Covid-19.

Meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Utama dari Kementerian LHK yang diraih Pekon Ngarip.

Meraih penghargaan Kepala Daerah sebagai Pembina Proklim Utama. Tanggamus ditetapkan sebagai Kabupaten Literasi. Predikat “B” SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dari Kementerian PAN RB.

Menerima Penghargaan Kabupaten TERINOVATIF pada acara Innovative Goverment Award (IGA) dari Kemendagri.

Meraih predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dari Ombudsman RI. Masuk delapan besar dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 oleh Kemenpan-RB, dengan video Pelayanan berjudul “Senja Yang Indah”.

Meraih Juara I Kriya Terbaik dan Stand Terbaik Lampung Craft Tahun 2021, dan Juara Stand Kreatif dan Terinovatif Kegiatan Festival Kemilau Tapis Lampung tahun 2021.

Meraih Perpustakaan Terbaik Nasional dalam Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, dan Juara I Nasional Film VLOG dengan judul Geliat Ratu (Gerakan Literasi Tanggamus) tahun 2021, yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional RI.

Meraih Anugerah Pratama Perkebunan Indonesia (APPI) Awards 2021 oleh Kementerian Pertanian. Selain itu, Kabupaten Tanggamus mendapat Predikat “Pejuang Kakao Nasional” 2021 oleh Dewan Kakao Indonesia Kementan RI.

Meraih dua prestasi pada ajang Apkasi Otonomi Expo 2021 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, yaitu;

(1). Juara I Stand Terinspiratif.

(2). Juara I Putri Otonomi Daerah 2021 yang diraih oleh saudari Mega Diana Zamzam. (Suwarno)