27 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Perkuat Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Demak Gandeng Penyandang Disabilitas

Spread the love

Demak, Tren24reportase.com – Guna memperkuat pengawasan pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak menggandeng bersama kelompok Disabilitas atau orang yang memiliki keterbatasan baik secara fisik maupun mental.

Ketua Bawaslu Kabupaten Demak, Choirul Saleh mengatakan bahwa pihaknya menyosialisasikan peran penting penyandang Disabilitas dalam meningkatkan pengawasan partisipatif pada pemilu dan Pilkada.

“Untuk pengawas partisipatif dengan tema Pemilu Inkluasif untuk semua, Alkhamdulillah antusias sekali mereka semua bisa hadir” Kata Choirul saat Sosialisasi Kelompok Sasaran Disabilitas tahun 2022 di Renz Cafe Kota Demak. Rabu (16-3-2022).

Menurut Choirul, melalui kelompok Disabilitas, pihaknya akan tau kebutuhan apa yang nantinya bisa disampaikan pada saat kegiatan pemilu khususnya pada saat menggunakan hak pilihnya.

” Kami mengajak mereka bisa berperan aktif, jadi mereka punya hak yang sama sebagaimana tertera di dalam Undang- Undang No. 7 tahun 2017 Pasal 5″, terangnya.

Selain itu, harapnya mereka (Disabel) bisa ikut mendaftar berkompetisi sebagai penyelenggara di Bawaslu Kabupaten Demak pada saat kegiatan Pemilu serentak 2024.

“Kita berharap bersinergi dengan Bawaslu menjadi pengawas partisipasif maupun juga mereka bisa ikut penyelenggara”, harapnya.

Sementara itu, perwakilan penyandang Disabilitas Demak Ahmad Syafii mengungkapkan bahwa dirinya merasa dari dulu hingga sekarang perlu adanya perubahan yang signifikan terutama terkait sarana dan prasarana. Selain itu, harapnya untuk kedepan pihak Bawaslu dapat kerjasama dengan penyandang disabilitas yaitu dengan merekrut.

” Kayak penyandang tuna netra, kami memerlukan huruf brille agar bisa sendiri serta lokasi TPS tidak naik turun” ungkapnya. (Parno)