2 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Dapat Donasi Nutrisi Anak Generasi Maju, Plt Bupati Beni Sampaikan Apresiasi

Spread the love

MUBA, Tren24reportase.com– Sebanyak 57 lokasi PAUD di tujuh kecamatan dalam Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mendapatkan donasi 2.022 paket SGM Eksplor 3plus untuk Anak Generasi Maju. Penyerahan Donasi secara simbolis diterima langsung Plt Bupati Muba Beni Hernedi di TK Al – Furqon Kelurahan Sumber Agung Kecamatan Keluang, Kamis (10/3/2022).

Plt Bupati Beni menyampaikan terima kasih kepada WeCare.id atas penggalangan donasi sistem crowdfunding. Dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung inisiasi kegiatan ini, sebagai upaya bersama dan gotong royong mengakselarasi atasi berbagai permasalahan di Kabupaten Muba, baik aspek sosial, ekonomi dan lingkungan hidup.

“Program tersebut, sangat membantu upaya pemerintah menurunkan tingkat gizi buruk dan prevalensi stunting di Kabupaten Muba. Di masa pandemi COVID-19 ini, banyak keluarga yang mengalami penurunan penghasilan. Program donasi ini sangat membantu keluarga memenuhi kebutuhan makanan bernutrisi untuk anak,” ujarnya.

Dikatakan Beni, mempersiapkan SDM unggul untuk Indonesia Maju, dapat terwujud dengan baik jika seluruh pihak, termasuk pelaku usaha dan industri, maupun masyarakat, memiliki kesadaran dan tanggung jawab bersama sesuai peran masing-masing.

“Khusus pada Danone sebagai donatur yang juga produsen makanan dan minuman terbesar di dunia ( Aqua, Vit, Mizone, Yakult, SGM Eksplor, Nutricia Royal, Lactamil) berpusat di Prancis, kam ucapkan banyak terima kasih,”ucapnya.

Ketua PMI Kabupaten Muba ini juga mengatakan, harapan kedepan, Danone melalui mitra pembangunan atau langsung kerjasama dengan Pemkab Muba untuk tetap menjadi donatur tidak hanya pada aspek sosial (peningkatan nutrisi), namun juga dapat membantu penguatan ekonomi masyarakat dan pelestarian lingkungan hidup.

“Terakhir, kami Pemerintah Kabupaten Muba mengucapkan banyak terima kasih kepada kita semua yang telah dan akan selalu bersama-sama berbuat dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kita baik sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup, sehingga upaya kolaborasi ini akan terus kita tingkatkan,”pungkas Beni.

Ketua Pelaksana WeCare.id Gigih Septianto menuturkan bahwa WeCare.id adalah sebuah wadah penggalangan dana dengan sistem crowdfunding yang difokuskan pada warga Indonesia yang kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal, sehingga mereka dapat menjadi individu yang sehat dan produktif seutuhnya. Dalam aspek mempertahankan dan meningkatkan nutrisi anak-anak usia dini, terutama pada masa COVID-19 sekarang ini.

“WeCare.id bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) berkolaborasi dengan Pemkab MUBA, PUKL, dan PMI Muba dengan donasi dari Danone akan melakukan program kegiatan Dukungan Paket Nutrisi Pertumbuhan untuk peserta Didik PAUD di kabupaten Muba di 57 lokasi PAUD atau sebanyak 2.022 Paket Nutrisi di tujuh kecamatan, yaitu Babat Toman, Batanghari Leko, Bayung Lencir, Keluang, Lalan, Sungai lilin, dan Tungkal Jaya,”paparnya.

Gigih juga menyebutkan, teknis penyampaian donasi akan dilakukan melalui kurir yang langsung ke lokasi-lokasi PAUD. Pada hari ini akan dilakukan seremonial serah terima dukungan Paket Nutrisi Pertumbuhan untuk Peserta Didik PAUD untuk empat PAUD di kecamatan Keluang yaitu KB Al Furqon, Tk Abadi, Kb Aisyah, KB Maharani yang dipusatkan di KB Al-Furqon desa Sumber Agung Kecamatan Keluang.

“Untuk di Provinsi Sumsel dilakukan pada tiga kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Ogan Komering Ulu, dan Kota Prabumulih,” jelasnya.

Perwakilan Direktur Danone Indonesia, Uray Camila Insani menyampaikan bahwa, semua anak berhak untuk maju melalui pemenuhan nutrisi yang tepat dan akses pendidikan. Pada kesempatan ini, pihaknya ingin berkontribusi mendukung pemenuhan nutrisi anak-anak di daerah Kabupaten Muba.

“Inisiatif ini juga untuk mendukung upaya mengatasi stunting di Kabupaten Muba. Kami apresiasi penurunan angka stunting di Kabupaten Muba sangat signifikan, ini sejalan dengan visi pemerintah untuk mempersiapkan sumber daya manusia unggul untuk Indonesia maju,” ujar Uray.

Acara turut dihadiri Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Muba Susy Imelda Beni, Anggota DPRD Muba Sodingun, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muba Drs Iskandar Syahrianto, Camat Keluang Debby Herianto SSTP MM serta para Bunda Paud dalam kecamatan Keluang, tokoh masyarakat dan tokoh agama.(Eko)