14 April 2024

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Reses di Desa Sukaharja Sri Rahayu Perkenalkan Jahe Merah

Spread the love

Karawang | Tren24reportase.com-KarProduk UMKM jahe merah BUMDes Sukaharja Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang, dipamerkan dalam Reses II tahun sidang 2021/2022 Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj Sri Rahayu Agustina, SH.Maret 9/3/2022

Anggota DPRDJabar Dapil X Karawang – Purwakarta ini mengatakan, resesnya kali ini menggandeng Dinas Koperasi UMKM dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karawang.

Lewat kolaborasi itu, Sri berharap, pesan yang disampaikan lebih tepat sasaran. Ada pihak dinasnya yang menyampaikan program dan ada pelaku UMKM nya. Sehingga usulan yang disampaikan bisa langsung diterima dan ditindaklanjuti.

“Kondisi sekarang masih pandemi Covid-19. Pemerintah sedang berusaha untuk pemulihan perekonomian. Salah satunya UMKM. Maka itu, kami gandeng dinas terkait dalam reses untuk menyampaikan programnya,” Ucap, Sri Rahayu

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang Amid Mulyana menyatakan, tahun 2022 ada bantuan untuk pelaku usaha UMKM di Karawang. Bantuan tersebut tidak berupa keuangan tetapi alat untuk membantu produksi UMKM.

“Apa yang dibutuhkan pelaku usaha bisa mengajukan bantuan ke Dinas Koperasi dan UMKM. Misalnya alat masih manual, butuh bantuan alat untuk meningkatkan produksi. Itu bisa diajukan ke dinas,” katanya.

Dikatakan Amid, Dinkop dan UMKM menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk bantuan. Selain bantuan alat, dinas juga memberikan bantuan berupa sertifikat halal, hak cipta, sertifikat tanah untuk pelaku UMKM.

“Bagi pelaku usaha yang mau mengajukan bantuan bisa labgsung datang ke kantor dinas. Nanti kita akan data tahun ini,” pungkasnya.

Sementara, Kasi Promosi Disperindag Ahmad Rifai menambahkan, dinas siap membantu hasil produk masyarakat dalam pemasaran dan promosi. Selain itu, Disperindag juga ada bantuan untuk kelompok usaha menengah kecil.

Bantuan itu diajukan ke dinas dalam bentuk proposal. “Kalau di Disperindag cakupan usaha kecil menengah. Bantuannya per kelompok usaha,” jelasnya.

Masih terkait itu, Kepala Desa Sukaharja Iwan Setiawan mengapresiasi reses yang dilakukan Sri Rahayu didesanya.

“Mudah-mudahan dengan datangnya beliau bisa membawa perubahan di desa kami, terutama di sektor ekonomi dan infrastruktur,” kata Iwan.

Iwan berharap Desa Sukaharja bisa mengikuti program-program yang akan digalakan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Ini.

“Di Desa Sukaraja saat ini sudah berjalan UMKM nya yaitu produksi rumahan jahe merah yang ada di Dusun Pakuncen. Produksi jahe merah ini kita rekrut dalam bentuk kegiatan bumdes yang ada di Desa Sukaraja,” kata Iwan.(Agus)

About Post Author