24 Juli 2024

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Dinilai Lecehkan Islam, UBKM-MU Protes Pernyataan Menag RI

Spread the love

Medan, Tren24reportase.com – Ukhwah Badan Kesejahteraan Mesjid Medan Utara (UBKM MU) kota Madya Medan Provinsi Sumatera Utara minta Presiden RI Joko Widodo segera mencopot jabatan Menteri Agama (Menag). Umat Islam Medan Utara melalui UBKM MU itu juga mendesak Kapolri segera menangkap dan memeriksa Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Sabtu (26/02/2022).

Desakan ummat Islam Medan Utara melalui UBKM itu karena Yaqut dinilai telah melecehkan umat Islam.
Desakkan dalam peryataan sikap disampaikan para jemaah mesjid tergabung dalam UBKM-MU diketuai H.Jamaluddin dengan sekretaris Abah Salman, SH. Turut hadir Dewan penasehat H.Irfan Hamidi, Penasehat UBKM MU H.M.Yusuf Ghofur S.Ag dan Ahmad Fahroni serta para unsur kepengurusan dan anggota UBKM-MU lainnya.

Peryataan sikap UBKM-MU tersebut berlangsung di Mesjid Jamik Belawan usai sholat dzuhur berjemaah.

Pernyataan sikap UBKM-MU sebut ummat Islam (Khususnya di Medan Utara) sangat terhina dengan peryataan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas tentang suara azan yang dianalogikan dengan Gongongan anjing.

Secara bahasa analogi yang disebut di atas sangat menyingung perasaan umat Islam karena azan merupakan objek suci dan mulia dalam Islam yakni suara azan dianalogikan suara hewan yang tidak pantas diucapkan.

Selain itu, UBKM MU meminta kepada Bapak Presiden RI agar memecat Yaqut Cholil Qoumas dari Menteri Agama RI, serta meminta Kapolri menghukum Yaqut Cholil Qoumas sesuai Undang -Undang yang berlaku di NKRI tentang penista agama dan pelanggaran Undang – undang ITE.

Tidak itu saja, UBKM MU juga menyatakan menolak peraturan Menang nomor 05 tahun 2022 tentang pedoman penggunaan pengeras suara di Mesjid dan Musholah serta aturan terkait lainnya karena sangat merendahkan Islam. (Man)