4 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Penguatan Kelompok Pemberdayaan Ankara Adonara

Spread the love

Tren24reportase.com | Adonara Flores Timur-KSP Aneka Karya (ANKARA) Adonara Timur hari ini Minggu 20 Pebruari 2022 melakukan Sosialisasi terhadap 10 Gapoktan di kediaman Idris Ola Wuan, Spd . Kegiatan sosialisasi yang dihadiri manager Ankara wilayah Adonara Gusti Kamalera bersama seorang staff bagian Pemberdayaan ibu Velyn, walau cuaca kurang mendukung siang ini namun tidak mengurungkan tekad warga petani Witihama dengan Semangat antusias mereka yang begitu menggebu.


Dalam Rapat Sosialisasi ini Gusti menjelaskan dan sekaligus memperkenalkan KSP ANKARA dengan menghantar sebuah cerita masa lalu para penggagas dan pendiri KSP ANKARA ini lewat kesulitan yang dihadapi seorang anak sekolah terhadap uang sekolahnya dan saat itu pak Guru tersebut mulai membahas dengan teman guru lainnya untuk membentuk kelompok guna membantu para siswa yang mengalami kesulitan uang sekolah setiap bulan kala itu. Berkat kepedulian para Guru tadi hingga dapat terbentuklah sebuah Koperasi Simpan Pinjam dengan nama Aneka Karya Bersama hingga kini, yang telah mencapai 30 tahun usia KSP ANKARA ini .


Sebagai seorang Manager Gusti Kamalera menapaki karirnya di Ankara selama 14 tahun sudah berjalan, namun awalnya hanya sebagai seorang supir buat para Pengurus KSP ANKARA di Lembata dan kini sudah sepantasnya Ayah dari empat Anak ini menjabat sebagai Manager di Adonara. Bidang Pemberdayaan Kelompok ini digeluti kurang lebih sepuluh tahun terakhir di KSP Ankara ini hingga menjadi Manager Di Adonara saat kini . Upaya mensejahterakan seluruh Petani Adonara pada khususnya dan Petani Flores Timur pada umumnya menjadi satu Tekad membaja dalam diri seorang Gusti Kamalera .

Kita semua dilahirkan dari Keluarga Petani dan tumbuh dalam kehidupan keluarga Petani dan sudah saatnya bagi kita orang Lamaholot Harus dapat memulai cara pandang kita terhadap pola bertani kita kedepan demi menata masa depan Generasi kita dan karena itu Kami dari ANKARA hadir dihadapan bapak-bapak Tani sekalian untuk itu mari kita kembali kepada habitat Bertani kita, ” tuturnya berapi-api .

Kembali Gusti menyampaikan bahwa “Kebanyakan masyarakat Petani kita sulit bangkit dari keterpurukan karena Hasil dari Kebunnya sendiri namun Harga beli ditentukan para kaum kapitalis dan bukan dari petani itu sendiri dan karenanya Ankara menawarkan Solusinya hari ini kepada bapak bapak Petani agar Hasil mu ada nilai jualnya dan pasarnya Sudah disiapkan Ankara dan sudah pasti karena mulai dari pengerjaan kebun ladang mu Ankara yang menyanggupi seluruh Biayanya hingga panen baru Ankara memperhitungkan nominal biaya awal yang diberikan berdasarkan pengalaman bahwa dalam satu Hektar kalian tanam jagung Hibrida dapat menghasilkan 3 ton terburuk dan jika normatipnya biasa mencapai 5 ton jagung hibrida, hingga dapat kita peroleh hasil dalam nilai rupiah sekitar 8 – 9 juta rupiah dalam sekali panen “,tandasnya .


Kalkulasi pengembalian modal awal pengerjaan lahan kebun yang diberikan oleh Ankara tadi maka para petani jagung hibrida diuntungkan sekitar 3 – 4 juta rupiah setiap kali panen . Dapat dipastikan kehidupan para petani jagung hibrida bakal hidup layak di tengah masyarakat majemuk lainnya, dan sudah tentu tingkat kesejahteraan petani dapat terwujud.(Bernard Ng)