18 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Curug Cigentis Wisata Alam Populer Di Karawang

Spread the love

Karawang | Tren24reportase.com-Curug Cigentis merupakan salah satu destinasi wisata alam populer yang ada di karawang. Curug ini berlokasi di Kawasan Gunung Sanggabuana Desa Mekar Buana Kecamatan Tegalwaru
Kabupaten Karawang, Jawa Barat,” Februari 6/2/2022.

Tertarik ingin mengunjungi Curug Cigentis, ingin tahu ada apa saja di Curug Cigentis yuk simak ulasan berikut ini.

Dedi Periatna selaku pengelola Wisata Curug Cigentis sekaligus sebagai ketua BUMDES mengatakan bahwa Curug Cigentis ini beralamat lengkap di Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat.

Curug Cigentis merupakan obyek wisata yang berbentuk air terjun. Tempat wisata ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah sekaligus memiliki air yang sangat jernih.”ucap Dedi.

Dari pusat Kota Karawang obyek wisata ini berjarak kurang lebih 44 KM.Pengunjung yang berencana berlibur ke tempat ini bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, akses menuju tempat ini terbilang cukup mudah.

Sebagai obyek wisata yang berada dalam pengelolaa hutan RPH Cigunungsari BPKH Purwakarta, Curug Cigentis menerapkan karcis masuk sebesar Rp20.000 per orang yang buka mulai Jam 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Air terjun yang memiliki tinggi total kurang lebih 25 meter dan berada di ketinggian 1000 mdpl ini, menyuguhkan suasana yang asri nan sejuk. 

Sangat cocok dijadikan sebagai tempat sekedar untuk melepas penat, tidak hanya itu wisatawan yang berlibur ke tempat ini juga bisa melakukan aktivitas renang di telaga.

Sungai yang ada di sekitaran curug ini dengan berhias bebatuan besar, bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan alam serta bisa juga dijadikan sebagai spot foto. 

Tidak hanya itu, spot yang tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai tempat pengambilan foto adalah di atas jembatan Sungai Cingentis, yang di jembatan tersebut terdapat tulisan ‘Curug Cigentis.

Selain bisa melakukan aktivitas – aktivitas wisata tersebut, wisatawan yang berencana untuk bermalam di tempat ini, bisa bermalam di villa atau homestay yang tersedua di sini.

Namun, apabila wisatawan menyukai istirahat di alam bebas, bisa mendirikan tenda dan berkemah di sekitaran Curug Cigentis ini. 

Bagi yang bermekah di tempat ini, wisatawan akan bisa mendengar suara gemericik air pada saat malam hari. Yang bisa memberi  efek penyegaran bagi tubuh maupun pikiran. 

Sebagai obyek wisata yang terbilang cukup lama berdiri, Curug Cigentis ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung diantaranya, toilet, masjid, serta deretan kios makanan dan minuman yang dilengkapi pula dengan saung peristirahatan.

Untuk diketahui bagi wisatawan luar kota yang berencana untuk datang ke tempat ini, tidak perlu khawatir akan sulitnya akses menuju lokasi wisata ini. Sebab, jalan menuju Curug Cigentis ini memiliki kondisi yang sangat bagus, yaitu sudah dicor beton serta diaspal,”Ujarnya Dedi periatna.(Agus)