7 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Kasus Covid di Indonesia Naik 3 Kali Lipat dalam Sepekan

Spread the love

Jakarta | Tren24reportase.com-Perkembangan jumlah kasus warga yang terkonfirmasi terpapar virus corona (Covid-19) di Indonesia mengalami peningkatan secara signifikan dalam sepekan terakhir.Kenaikan ini terhitung 3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan pekan sebelumnya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari laporan harian pemerintah, tercatat selama periode 23-29 Januari, jumlah kumulatif kasus kematian Covid-19 dalam sepekan berjumlah 47.310 kasus. Sementara pada periode 30 Januari-5 Februari, kasus kematian meningkat menjadi 149.660 kasus.

Berdasarkan data tersebut dapat juga dilihat bahwa laporan kasus konfirmasi Covid-19 konsisten di atas 10 kasus sehari selama delapan hari berturut-turut atau pada kurun waktu 29 Januari-5 Februari.

Kenaikan serupa juga terjadi pada jumlah kasus kematian warga akibat Covid-19. Tercatat selama periode 23-29 Januari 2022, jumlah kumulatif kasus kematian Covid-19 dalam sepekan sebanyak 79 kasus.


Sementara pada periode 30 Januari-5 Februari, kasus mingguan kematian meningkat menjadi 212 kasus atau naik 37 persen dalam sepekan.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono baru-baru ini menyatakan ada potensi jumlah penambahan kasus virus corona harian di Indonesia mencapai 100-150 ribu kasus imbas dari penyebaran varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau varian Omicron.

Prediksi itu menurutnya mungkin terjadi lantaran temuan kasus Covid-19 khususnya varian Omicron di sejumlah negara lain bersifat eksponensial. Ia menambahkan, jumlah penambahan Covid-19 akibat varian Omicron ini akan lebih tinggi ketimbang varian-varian sebelumnya.

Dante kemudian meminta agar warga tidak panik namun tetap waspada. Ia mengimbau agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan 5M, di antaranya yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

Selain itu warga juga diminta untuk segera mengakses program vaksinasi Covid-19 baik vaksin primer hingga vaksin booster yang sudah berjalan di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir. Melalui program vaksinasi masyarakat diharapkan mendapat proteksi tambahan.(Red)