18 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Satpol PP Robohkan Bangunan Liar di Interchange Karawang Barat

Spread the love

Karawang | Tren24reportase.com-Tidak tanggung-tanggung, empat tokoh penting di Karawang terjun langsung mengawal pembongkaran bangunan liar (bangli) disepanjang Jalan Interchange Karawang Barat,
Januari 18/1/2022

Empat tokoh penting tersebut yakni Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, Wakil Bupati H. Aep Syaepuloh SE, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono dan Dandim 0604 Karawang Letkol Kav. Makhdum Habiburrahman.

Bahkan untuk itu, sebanyak 180 personel gabungan dari Satpol PP, dibantu TNI/Polri, Damkar, Dishub dan petugas PLN ikut dikerahkan.

Disampaikan Wabup Aep, para pemilik bangunan liar tersebut sudah diberikan sosialisasi dan imbauan jauh-jauh hari. Sehingga, pada saat proses pembongkaran, sejumlah pemilik bangunan liar yang memanfaatkan lahan hijau untuk berjualan, membongkar bangunannya sendiri.

Kita sudah kirim surat peringatan sebanyak tiga kali. Kita lakukan langkah persuasif terlebih dahulu. Alhamdulillah, mereka mengerti dan berinisiatif untuk membongkar sendiri,”kata Wabup.

Pembongkaran bangunan liar tersebut, kata Wabup, sebagai salah satu langkah penegakan peraturan daerah K3.

Penegakan aturan juga diperlukan dukungan serta partisipasi masyarakat Karawang, agar bisa bersama sama menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan sehat,” Ujarnya

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karawang, Asep Wahyu menambahkan, pihaknya menyiapkan dua unit alat berat untuk merobohkan bangunan liar.

Asep mengatakan, bangunan-bangunan liar dirobohkan tidak sedikit merupakan bangunan semi permanen, sehingga diperlukan alat berat untuk merobohkannya.
(Agus)