1 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Pemdes Sihare,o II Tabaloho Melaksanakan Pelatihan Pembuatan Perahu Fiber Kelompok Nelayan.

Spread the love

Gunungsitoli, Tren24reportase.com – Pemerintah Desa Sihare,o II Tabaloho, Kec. Gunungsitoli melaksanakan pelatihan dan pembuatan perahu fiber kepada kelompok nelayan sebanyak 10 unit yang sumber dananya dari anggaran DD Tahun 2021 Desa Sihare,o II Tabaloho, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Senin, (10/01/22).

Terpantau awak media Tren24reportase.com, sejumlah anggota kelompok nelayan Rumput Laut ikut hadir semua dan terlihat sedang giat mengikuti pelatihan pembuatan perahu fiber, dan di koordinir oleh Ketua Kelompok nelayan Rumput Laut, Martianus Harefa, dan dalam pelatihan tersebut ikut hadir Kaur Kesra, Yunius Harefa ( pelaksana kegiatan ) dan Kades, Lalazisokhi Ndraha, sebagai penanggung jawab.

Dilokasi pembuatan perahu fiber tersebut, salah seorang dari kelompok nelayan Rumput Laut mengungkapkan;

“Kami semua anggota dari kelompok nelayan Rumput Laut sangat berterima kasih atas perhatian Pemerintah Republik Indonesia dan kepada Pemdes Sihare,o II Tabaloho yang telah ikut berkontribusi membantu melalui usulan program Dana Desa, khususnya kami dari masyarakat nelayan ini”, ucapnya.

Kemudian ditempat berbeda, Kepala Desa Sihare, o II Tabaloho, Lalazisokhi Ndraha menjelaskan;

“Kegiatan pelatihan kelompok nelayan tersebut, ini sudah yang kedua kalinya kita adakan di Desa Sihare,o II Tabaloho dan ini salah satu program pemerintah melalui anggaran Dana Desa, tahun 2021, dalam upaya pemberdayaan pemulihan ekonomi masyarakat akibat dari pandemi Virus Covid-19 ini”.

“Pada kegiatan pelatihan dan pembuatan perahu fiber kali ini, beda seperti pada pelatihan di tahun lalu, tukang (tutornya) kita datangkan dari luar, berhubung saat itu belum ada warga Desa Sihare,o II Tabaloho yang mampu menjadi tukang”.

Kemudian pada pelatihan pembuatan perahu fiber tahun ini, tukang (tutornya) kita ambil dari warga Desa Sihare,o II Tabaloho yang sudah mampu dan bisa menjadi tukang untuk pembuatan perahu fiber. Pemdes Sihare,o II Tabaloho mendorong dan mendukung agar pelatihan seperti ini dapat bermanfaat khususnya bagi kelompok nelayan”, ucapnya Kades.

Kades Sihare,o II Tabaloho, Lalazizokhi Ndraha berharap kepada kelompok nelayan Rumput Laut dan Cubaha agar program pelatihan pembuatan perahu fiber ini dapat terus di kembangkan, agar kedepan bisa menjadi salah satu sumber usaha dari kelompok nelayan di Desa Sihare,o II Tabaloho, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, harapnya Kades Sihare,o II Tabaloho mengakhiri. (S. Lase)