18 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Peningkatan Kapasitas Linmas & Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam

Spread the love

Flores Timur, Tren24reportase.com – Dalam menyikapi himbauan surat edaran BMKG yang dikeluarkan Kepala Stasiun Meteorologi Kupang Agus Sudiono Abadi,S Si maka Danramil 1624-02/Adonara kapten infantri Achmad Setyadi Sudjatmiko, Kapolsek Adonara Timur IPDA Agus Heriawan, Babinsa Kecamatan lle Boleng serka Mikhael Ola Mangu, Kepdes Gayak Martinus Ata Soge, ketua BPD Gayak Antonius Sanga beserta staf dan Karangtaruna Desa Gayak menggelar Rapat koordinasi hari ini Rabu 09 Desember 2021 di Balai Desa Gayak Kecamatan lle Boleng Kabupaten Flores Timur Nusa Tenggara Timur . Dalam menyongsong Tahun baru 2022 dan Perayaan Natal 25 Desember 2021 yang akan datang; serta atas pertimbangan situasi cuaca ekstrim di wilaya Flores Timur maka para pihak terkait dilingkup Kecamatan masing masing melakukan kegiatan siap siaga terhadap kamtibmas terhahadap masyarakat . Dalam sambutan kepala desa Gayak Martinus Ata Soge mengatakan bawa “Keamanan dan ketertiban adalah Tanggungjawab kita bersama dan untuk itu dihimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih proaktip dalam bekerjasama agar situasi desa kita dalam keadaan aman dan damai”,pungkasnya.

Hal senada disampaikan pula oleh Danramil 1624-02/Adonara Kapten infantri Achmad Setyadi Sudjatmiko dalam sambutannya mengatakan “Keamanan dan ketertiban bukan semata mata tugas TNl/POLRl tapi Tugas Semua Masyarakat, karena bila Kamtibmas terjaga dengan baik dari segalah aktifitas kita pasti akan berjalan dengan baik juga”, terangnya.

Ditambahkan lagi bahwa “diharapkan Jangan Konsumsi Miras secara berlebihan karena dapat memicu sebuah persoalan kecil jadi sebuah masalah serta diharapkan jika ada persoalan yang terjadi jangan main hakim sendiri tapi segera bekerjasama kepada Bapak Desa melalui Linmas, dan bila tidak bisa diselesaikan maka serahkan kepada pihak yang berwajib agar diproses sesuai hukum yang berlaku di negara kita”,tandasnya . Tidak hanya penegakan Linmas saja yang disampaikan tapi dalam hal kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam dalam menghadapi cuaca ekstrim di Flores Timur saat kini Kapolsek Adonara Timur IPDA. Agus Heriawan menyampaikan himbauannya dalam sambutannya mengatakan bahwa “Pemuda adalah Harapan Keluarga dan Bangsa sehingga harus bisa menjaga nama baik diri sendiri dan keluarga dan jika semua bisa menjaga diri dengan baik insyaallah Lingkungan sekitar akan menjadi lebih baik”, imbuhnya. Dikatakan lagi bahwa ” Posko Desa harus ada dan mencantumkan jalur evakuasi apa bila ada bencana; dan karena Flores Timur memasuki musim hujan kategori ekstrim cuacanya”, tutupnya. (Bernard)