16 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Walikota Medan Fokus Atasi Banjir, Drainase Buruk Di Belawan

Spread the love

Belawan | Tren24reportase.com – Walikota Medan yang akrab disapa Bobby Nasution fokus atasi banjir di wilayah kerjanya. Curah hujan deras berpotensi banjir ganggu aktivitas masyarakat. Bobby kedepankan program pembenahan drainase dan jalan. Keseriusan orang nomor 1 di Pemkot Madya Medan itu butuh kerja keras dan dukungan bahannya. Senin (29/11/2021).

Seperti di Kecamatan Medan Belawan khususnya di pinggiran jalan raya Medan Belawan, kondisi drainase dan jalan buruk. Drainase dan bahu jalan digunakan untuk kepentingan usaha. Akibatnya, curah hujan memperburuk keadaan lingkungan Belawan sekitarnya.

Menanggapi masalah tersebut, warga Belawan, M. Basir pada tim Aliansi Wartawan Medan Utara sebut penggunaan badan jalan untuk kepentingan usaha merupakan pelanggaran peraturan.

“Menggunakan badan jalan untuk kepentingan pribadi melanggar Peraturan.¬†Untuk itu Pemerintah Kota (Pemkot) Medan harus tegas dalam menerapkan peraturan yang sudah dibuat. Pemkot Medan harus tegas menertibkan semua yang menggunakan trotoar dan badan jalan sebagai kepentingan pribadi”, kata Basir.

Kita minta kepada Pemkot Medan untuk tegas kepada semua yang menggunakan trotoar dan badan jalan untuk kepentingan pribadi di Belawan lanjut Basir. Hal itu sudah diatur dalam Perda Kota Medan, tambah Basir.  

“Saat ini fungsi trotoar sudah berubah di Belawan, sehingga telah merampas hak penjalan kaki padahal, Undang – Undang (UU) No. 38 tahun 2004 tentang jalan disebutkan bahwa trotoar diberikan untuk pejalan kaki. 

Kemudian diperkuat pula dengan Perda No. 31 tahun 1993 tentang pemakaian badan jalan. Tidak hannya untuk itu, untuk pemakaian trotoar juga pendapatkan perlindungan dengan diterbitkannya Peraturan Wali Kota ( Perwal) No. 9 tahun 2009 tentang larangan mendirikan bangunan permanen atau sementara di atas badan jalan, trotoar, drainase dan garis sepadan sungai untuk kepentingan berjualan atau berdagang dan tempat tinggal lainnya, jelas Basir.

Tapi sayang lanjut Basir, beragam aturan tersebut sepertinya tidak berlaku di Belawan, buktinya trotoar kini sudah banyak yang berubah fungsi, sehingga hak pejalan kaki terabaikan. Drainase menjadi buruk, dan curah hujan berpotensi mengakibatkan kebanjiran”, tutupnya. (Man)