7 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Dinas DPMD Karawang Ingatkan Pemdes Tertib Alokasi Dana Desa

Spread the love

Karawang |Tren24reportase.com-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD Kabupaten Karawang mencatat dari 9 kecamatan wilayah Karawang masih 18 Desa yang belum mengajukan persyaratan pengalokasian dana desa tahap tiga. November 23/11/2021

Agus Somantri selaku Kabid PUEM hingga hari ini baru 250 Desa yang mengajukan dana desa, dan 20 desa lainnya menyusul proses.

Dikatakannya, realisasi pencairan dana desa tahap tiga akan diproses administrasinya ketika kegiatan fisik pemanfaatan dana desa tahap sebelumnya telah mencapai minimal 90 persen, ungkapnya.

Menyoal laporan surat pertanggung jawaban dana desa dari Kades yang menjadi pengawasannya, Agus Somantri menyebut, jika itu bukan syarat utama pertanggung jawaban APBDes.

Dalam pernyataan Agus Somantri tegaskan, karena Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sifatnya hanya sebagai advisor dalam proses anggaran dana desa, maka ditekankan untuk para Camat agar senantiasa mengingatkan para kades diwilayahnya untuk tertib mengalokasikan dana desanya yang terpenting realisasi persentase dana desa itu, tandas Agus.

Mengisi agenda lembar kerja tahun 2021 terkait desa diawasinya, menurut Agus desa Pasir Kamulyan kecamatan Tirtajaya, sempat mencuat menjadi tranding topik opini publik.

Titik berat monitoring dana desa, seharusnya ada pada BPD yang lebih tanggap, Mensikapi persoalan dana desa di Karawang, pengurus Karawang Monitoring Grup (KMG) imron Rosadi menyebut, persoalan dana desa, ada pada jadwal pengalokasiannya, ujarnya

Kalau regulasinya sudah bagus, cuma waktu pengalokasiannya saja yang kembali harus dicermati pemangku kebijakan.(Agus)