16 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Sejarah Singkat Kali CBL Bekasi, Begini Penjelasan si ” Paman”

Spread the love

Kabupaten Bekasi |Tren24reportase.com – Di Kabupaten Bekasi ada sebuah jalan yang kini menjadi salah satu jalan alternatif favorit bagi para pengendara sepeda motor bahkan para pengendara roda empat, yang terletak atau dibangun di sepanjang Bantaran Kali CBL yang menghubungkan antara Desa Muara Bakti Kecamatan Babelan sampai ke Desa Sukajaya Kecamatan Cibitung yang notabene perbatasan Wilayah antara Cikarang Barat dan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi.

Berawal dari sebuah obrolan singkat sambil ngopi wartawan tren24reportase.com bersama seorang warga Desa Muktiwari yang tidak mau disebutkan namanya yang masih daerah Kali CBL. Seorang yang kelihatan bukan orang sembarangan yang tahu dan faham betul sejarah Kali CBL.

Kita sebut saja namanya Paman, Beliau menuturkan sebagai berikut. “Ini (Kali CBL) adalah Otorita Jatiluhur, yaitu Perusahaan yang menyelenggarakan usaha-usaha eksploitasi dan pemeliharaan prasarana pengairan serta mengusahakan air, sumber-sumber air dan ketenagalistrikan yang berpusat di Jatiluhur sesuai dengan PP Nomor 20 Tahun 1970 sebagaimana telah diubah dengan PP Nomor 35 Tahun 1980).Artinya ini Progres Nasional. Dibawah Naungan Dirjen Pengairan”. Lanjut Paman.

“Ini kali buatan, bukan kali alam. Ini tahun 1980 dibuat waktu zamannya Menteri BUMN Tanri Abeng.Tanri Abeng membuat Kawasan Jababeka waktu itu belum ada Amdal ya. Pembuangan limbahnya kemana? Dibuatlah Kali buatan CBL oleh Pak Soeharto Presiden RI pada masa itu”. Tuturnya.

Paman pun melanjutkan penjelasan beliau setelah meneguk kopi hangatnya. “Nah.. Dulu kalau hari Sabtu dan minggu bapak bisa lihat airnya ini hitam pekat, Jadi ini (kali CBL) airnya sampai ke laut. Makanya disebut kali CBL Cikarang Bekasi Laut”. Imbuhnya.

Sebelum Paman beranjak, Paman pun menambahkan penjelasannya. “Kalau ini PEMDA Bekasi, Pengairan Dari sini, dari kali 14 meter kesana. Pungkas beliau sambil menunjuk bantaran kali CBL”. (Frenki)