4 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Salah Gunakan Senjata Api, Seorang Warga Di Ciduk Polisi

Spread the love

Medan Belawan | Tren24reportase.com – Polda Sumatera Utara dan Polres Pelabuhan Belawan buktikan konsisten dalam penegakan hukum di wilayah hukumnya tanpa pilih kasih. Hal itu dituangkan dalam paparan Polda Sumut, kemaren (15/11/2021).

HSD (54) warga jalan TM Pahlawan Lorong Pisang Kelurahan Belawan I Kecamatan Medan Belawan yang dikenal orang kuat di Belawan ditahan Polisi. Kasusnya penyalahgunaan senjata api dan penganiayaan.

Dalam paparan Polda Sumatera Utara diceritakan, penembakan warga yang dilakukan HSD berawal dari adanya tawuran antar remaja di daerah tempat tinggalnya (11 November 2021 sekitar pukul 23.45 Wib).

Pelaku HSD yang saat ini ditahan Polda Sumatera Utara mengeluarkan senjata api merk Taurus kaliber 32 madein Brazil No. FZC 93212. Layaknya seperti peringatan Polisi kejar buronan, HSD tembakkan senjata apinya 2 x ke udara.

Kemudian HSD tembakkan senjata api yang digenggamnya ke bagian tubuh korban Muslim (48). Proyektil kaliber 32 menembus kaki korban. Akibatnya korban yang tinggal di jalan TM Pahlawan Lorong Bahagia Lingkungan 26 Medan Belawan itu dilarikan ke RS Bhayangkara Medan.

Warga yang melihat kejadian itu melaporkan ke Polsek Medan Belawan dengan bukti laporan Nomor : 105/II/2021/Polsek-BLW tertanggal 11 November 2021 yang kemudian dilimpahkan ke Polres Pelabuhan Belawan.

Berdasarkan keterangan 7 saksi dan korban, HSD ditahan Polda Sumatera Utara dengan tudingan penganiayaan dan penyalahgunaan senjata api. HSD dijerat pasal 1 ayat 1 UU RI No. 12 Tahun 1951 subsider pasal 351 KUHPidana.

Sebagai barang bukti, Polda Sumatera Utara menyita 1 pucuk senjata api merk Taurus kaliber 32 madein Brazil, 10 butir amunisi kaliber 32, 2 butir selongsongan kaliber 32, 1 unit senjata tajam (Parang).

Penyidik Polda Sumatera Utara sedang berkoordinasi dengan JPU terkait perkara pidana yang sedang ditangani. (Man)